Logo Tirainews.com

5 Faktor Ini Menentukan Bentuk dan Ukuran Payudara

5 Faktor Ini Menentukan Bentuk dan Ukuran Payudara
ilustrasi payudara | int

Tirainews.com - Setiap perampuan memiliki payudara yang beragam. Perbedaan ini bisa terjadi baik secara ukuran mupun bentuk yang berbeda antara satu perempuan dengan yang lainnya.

Adanya beragam bentuk payudara yang berbeda ini menyebabkan tidak ada satu bentuk yang identik dengan yang lain. "Hampir tidak ada payudara yang memiliki bentuk simetris sempurna," terang Mary Jane Minkin, M.D., profesor bidang obgyn di Yale School of Medicine.

"Jika mereka (payudara) terlihat sama satu sama lain, hal ini mungkin disebabkan oleh operasi plastik," sambungnya.

Adanya perbedaan bentuk dan ukuran payudara ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Dilansir dari Shape, berikut sejumlah hal yang menyebabkan perbedaan bentuk dan ukuran payudara.

Genetika

Genetika merupakan faktor terbesar yang memengaruhi ukuran dan bentuk payudara.

"Gen milikmu juga memengaruhi tingkat hormon yang kemudian memengaruhi jaringan payudara," terang Richard Bleicher dari Fox Chase Cancer Center, Philadelphia.

"Gen menentukan seberapa padat payudara serta bagaimana kondisi kulit dan selanjutnya memengaruhi payudara," sambungnya.

Berat Badan

Proporsi terbesar dari payudara adalah jaringan payudara yang terbentuk dari lemak. Hal ini menyebabkan meningkatnya berat badan bisa membuat payudara juga membesar. Sebaliknya, menurunnya berat badan juga membuat payudara mengecil.

Secara khusus, bagian payudara juga memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dibanding bagian tubuh lain. Walau begitu, tak selalu berat badan berpengaruh terhadap ukuran payudara seseorang karena bisa saja seseorang dengan berat badan yang kurus juga memiliki payudara berukuran besar.

Usia

Usia merupakan salah satu hal yang juga bisa memengaruhi bentuk dan ukuran payudara. Seiring bertambahnya usia, sama seperti bagian tubuh lain yang dipenuhi lemak, payudara juga bisa kalaih oleh gravitasi.

Untungnya, faktor usia yang memengaruhi bentuk payudara ini bisa dilawan. Penggunaan bra yang benar-benar menopang serta olahraga teratur bisa melawan efek dari usia ini.

Menyusui

Pada saat menyusui, wanita bisa mengalami payudara yang lebih membesar dibanding biasanya. Namun usai berjalannya waktu dan ketika buah hati mulai tidak membutuhkan ASI, ukuran payudara kemudian semakin mengecil.

Terjadinya perubahan ini bisa disebabkan oleh fluktuasi hormon yang terjadi. Membesarnya payudara saat menyusui dan kemudian mengecil kembali ini bisa menyebabkan payudara tampak kendur setelahnya.

Olahraga

Melakukan jenis olahraga tertentu bisa menjadi penyebab payudara menjadi membesar atau mengecil. Olahraga bisa membuat payudara tampak lebih kencang dan membusung.

Payudara terdiri dari otot dan lemak sehingga dampak dari olahraga ini bisa sangat besar. Namun dampak dari hal ini bisa berbeda-beda antara satu orang dengan lainnya.