Logo Tirainews.com

Sering Dikeluhkan Warga, Pemko Sebut Air PDAM Tirta Siak Lebih Menguntungkan

Sering Dikeluhkan Warga, Pemko Sebut Air PDAM Tirta Siak Lebih Menguntungkan
Sering Dikeluhkan Warga, Pemko Sebut Air PDAM Tirta Siak Lebih Menguntungkan

Tirainews.com - Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Pekanbaru El Syabrina menyatakan, warga maupun pelaku usaha di Ibukota Provinsi Riau lebih diuntungkan membeli air yang diproduksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak.

Untuk tempat usaha seperti perusahaan maupun restoran, kata dia, dengan berlangganan air PDAM akan bisa membantu mengurangi pengeluaran.

"Jadi perusahaan maupun restoran, itu lebih diuntungkan membeli air PDAM dari pada dia mengambil air bawah tanah," ucapnya, Ahad (13/2/2022).

"Kalau air bawah tanah, itu dua kali kena. Pertama pajak air bawah tanah dan yang kedua tagihan listrik. Karena untuk mengambil air bawah tanah itu kan perlu listrik. Jadi lebih bagus ambil air dari PDAM, murah harganya," ulas perempuan yang akrab disapa Kak El ini.

Kemudian untuk warga ataupun rumah tempat tinggal, sebut mantan Kepala Dinas Perindag Pekanbaru ini, biaya yang dikeluarkan jauh lebih sedikit jika dibandingkan membeli air kemasan maupun galon.

"Air galon, itu ada harganya sampai belasan ribu untuk satu galon. Kalau air PDAM, itu lebih murah per liternya," ucap dia.

Terkait stigma warga yang masih menilai jika air PDAM kualitasnya tidak bagus, airnya keruh dan sering macet, kini sudah tidak seperti itu.

"Sejauh ini stigma masyarakat, PDAM itu airnya keruh, bau, ngadat-ngadat. Sekarang itu tidak lagi. Sekarang air PDAM sudah lancar, bening dan murah," tutup Kak El yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Pekanbaru ini.