Logo Tirainews.com

Proteksi Mobil dengan Asuransi Mobil Terbaik

Proteksi Mobil dengan Asuransi Mobil Terbaik
ilustrasi | Proteksi Mobil dengan Asuransi Mobil Terbaik/ IDX Channel

Tirainews.com - Asuransi memang bisa digunakan untuk semua kebutuhan, tidak terkecuali mobil. Kendaraan roda empat ini kerap memakan banyak biaya perawatan. Seringkali orang enggan mengecek kondisi mobilnya sekali pun sudah lecet atau beberapa komponen telah rusak. Untuk itu gunakanlah asuransi mobil terbaik yang dapat memberi perlindungan ekstra bagi kendaraan.

Pentingnya Asuransi Mobil

Berikut ini adalah segudang manfaat yang Anda dapatkan jika menggunakan asuransi mobil, yaitu:

* Sarana investasi

Banyak asuransi yang menyertakan unit investasi di dalamnya. Jenis asuransi ini disebut unit link. Dengan begitu tidak hanya mendapat manfaat perlindungan kendaraan, tetapi uang tersebut akan diputar ke dalam instrumen investasi. Hal ini memungkinkan Anda mendapat dua manfaat dalam satu produk.

* Pembayaran ringan dengan manfaat luar biasa

Asuransi terbagi menjadi beberapa kategori, namun apapun jenisnya cicilan asuransi biasanya cukup ringan. Meski ringan tetapi proteksi yang diberikannya sangat besar. Asuransi mobil mengganti berbagai spare part yang rusak. Jika seumpama terjadi bencana alam yang merusak kondisi mobil pun, asuransi akan siap menalangi.

* Meminimalkan konflik semisal kecelakaan

Biasanya kecelakaan mobil membuat sejumlah konflik terhadap siapa yang harus bertanggung jawab terhadap kerusakan yang terjadi. Ketidaktahuan masyarakat tentang aturan kerap kali membuat korban pun turut menderita kerugian tanpa bisa meminta penggantinya.

Dengan menggunakan asuransi, pengendara tidak perlu lagi adu mulut demi mendapatkan hak ganti rugi pada kasus-kasus yang rumit. Sehingga tidak perlu “makan hati” jika pelaku penabrakan kabur entah kemana. Asuransi siap memberikan perlindungan maksimal.

* Lebih tenang dalam berkendara

Berkendara dengan mobil yang telah dibekali asuransi akan terasa lebih tenang dan ringan. Segala kekhawatiran dan pikiran negatif dapat diminimalisir kehadirannya. Menggunakan asuransi mobil membuat pengendara dapat mengemudi dengan tenang dan konsentrasi penuh.

* Tanggungan kerusakan atas kendaraan yang dirugikan

Jika pengendara tidak sengaja menabrak kendaraan orang lain, tidak perlu pusing memikirkan biaya pengganti. Asuransi bahkan bisa mengcover segala kerusakan yang disebabkan oleh nasabahnya. Dengan begitu Anda dapat memberikan uang santunan sebagai ganti rugi tanpa perlu pusing biaya dari mana.

Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Setelah mengetahui berbagai manfaat asuransi, selanjutnya bagaimana cara memilih asuransi mobil yang tepat? Ikuti tips-tips berikut ini:

* Pastikan Agen Paham Produk

Pilihlah agen asuransi mobil yang memang sudah benar-benar tahu mengenai produk yang ditawarkan. Hal ini penting agar Anda bisa memahami berbagai ketentuannya dengan baik dan benar.

Mintalah penjelasan secara terperinci mengenai kelebihan dan kekurangan produk itu. Sehingga Anda dapat melakukan penyesuaian yang paling pas dengan kondisi.

* Pilih Polis Berdasarkan Kebutuhan

Memilih polis berarti Anda sudah harus benar-benar memahami apa saja kebutuhan mobil. Pemahaman ini berguna untuk menentukan mana produk asuransi mobil terbaik yang paling cocok, sehingga tidak mudah termakan bujuk rayu agen.

Hindari memilih produk asuransi hanya karena ikut-ikutan atau iming-iming tertentu, yang bahkan Anda sendiri tidak tahu manfaatnya apa. Kebutuhan pribadi akan proteksi, hanya diri sendirilah yang mengetahuinya.

* Pastikan Sanggup Membayar Polis

Lakukan kalkulasi pemasukan bulanan agar dapat memilih nominal polis yang paling sesuai. Pembagian pemasukan penting untuk memasukan gaji ke pos-pos tertentu. Hal ini juga untuk menghindari dari ketidak sanggupan membayar polis di pertengahan.

* Meminta Pembuatan Ilustrasi Produk

Ilustrasi produk sangat penting bagi klien untuk memahami bagaimana alur dan skema asuransi secara cepat dan jelas. Banyak kasus-kasus klaim yang gagal hanya karena nasabah kurang memahami alur yang tepat. Sehingga mereka menganggap pihak asuransi lah yang berbelit-belit mengeluarkan dana.

Memahami isi asuransi yang baik dapat memudahkan Anda untuk melakukan klaim dengan benar. Serta mengetahui hak dan kewajiban dari pihak asuransi dengan kliennya.

* Review Polis Setiap Tahun

Konsultasikan mengenai asuransi mobil yang telah Anda bayarkan minimal setahun sekali. Hal ini juga bermanfaat sebagai antisipasi terhadap berbagai kondisi keuangan yang mungkin saja terjadi.

Review ini dapat dimanfaatkan untuk menetapkan harga polis yang dibayarkan. Apakah akan melanjutkan ke polis yang sama, atau kah diturunkan sesuai kondisi dan kebutuhan.

Memilih asuransi mobil terbaik memang tidak bisa sembarangan. Pastikan menggunakan agen terpercaya sehingga proses klaim mudah. Dapatkan manfaatnya berupa kenyamanan dan ketenangan di setiap berkendara.