Logo Tirainews.com

Pemkab Bengkalis Launching Program Simponi di Bidang Kesehatan

Pemkab Bengkalis Launching Program Simponi di Bidang Kesehatan
Pemkab Bengkalis Launching Program Simponi di Bidang Kesehatan

Tirainews.com - Pemerintah Kabupaten Bengkalis Kembali melakukan Inovasi di Bidang Kesehatan, Rabu (23/3/2022), Bupati Bengkalis Kasmarni, S.Sos, MMP melakukan Launching Program SIMPONI (Sistem Pengantaran Obat Obatan Terintegrasi) yang dilaksanakan berbarengan dengan peresmian Gedung Kantor Camat Talang Mandau.

Dalam Pidatonya Bupati Bengkalis yang akrab di panggil Bu Kas itu menyampaikan, dengan dilaksanakannya Program SIMPONI, masyarakat kabupaten Bengkalis yang berobat ke RSUD Kecamatan Mandau, tidak lagi harus menunggu dan mengantri dalam proses pengambilan obat, karena obat obatan tersebut akan di antarkan langsung ke rumah Pasien secara gratis atau tanpa dipungut biaya apapun. 

"Hal ini Sejalan dengan Visi dan Misi  Kabupaten Bengkalis dimana kesehatan merupakan salah satu Pilar utama demi mewujudkan Bengkalis BERMASA (Bermarwah, Maju dan Sejahtera)," jelas bupati.

Dalam pelaksanaannya, Program SIMPONI yang dikembangkan oleh RSUD Kecamatan Mandau itu, juga nantinya akan terus dikembangkan secara bertahap, agar dapat diterapkan tidak hanya di RSUD Kecamatan Mandau namun juga di setiap Fasilitas Kesehatan Pemerintah di Kabupaten Bengkalis.

Terpisah, Direktur RSUD Kecamatan Mandau, dr. Chairiah menyampaikan bahwa Kunjungan Pasien Rawat Jalan RSUD Kecamatan Mandau saat ini telah mencapai diatas 11000 kunjungan setiap bulannya. Hal itu mendorong Manajemen RS, untuk melakukan terobosan baru agar dalam kondisi Kunjungan yang tinggi itu Pasien bisa tetap merasa nyaman dan tidak perlu lama mengantri.

Program SIMPONI dari RSUD Kecamatan Mandau diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengurai masalah antrian saat mengambil obat di rumah sakit.

"Dalam awal penerapannya, SIMPONI akan dikhususkan untuk Pasian Lansia dan Pasien dengan penyakit kronis yang harus rutin kontrol berobat ke RS, serta berada di wilayah Kecamatan Mandau. Namun, sejalan dengan penambahan kapasitas, nantinya Program SIMPONI diharapkan dapat ditingkatkan agar bisa dinikmati oleh setiap Pasien yg berkunjung ke Rumah Sakit," pungkasnya.