Logo Tirainews.com

Tim Gabungan dan BBKSDA Tangkap dan Sita Alat Berat di Suaka Margasatwa Giam Siak

Tim Gabungan dan BBKSDA Tangkap dan Sita Alat Berat di Suaka Margasatwa Giam Siak
Tim Gabungan dan BBKSDA Tangkap dan Sita Alat Berat di Suaka Margasatwa Giam Siak | Foto/Wahyudi

Tirainews.com - Operasi gabungan perambahan kawasan hutan oleh DITJEN Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Polisi dan TNI di kawasan Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil,  Desa Tasik Betung, Kabupaten Siak, Riau. Tim gabungan mengamankan barang bukti satu unit alat berat yang digunakan untuk merambah hutan Giam Siak Kecil.

Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil merupakan ekosistem rawa gambut yang sangat rawan terjadi kebakaran dan sekaligus menjadi habitat satwa. Sehingga sangat perlu dijaga kelestariannya dan diamankan dari aktivitas ilegal yang dapat merusak hutan.

Plh Kepala Balai Besar KSDA Riau Hartono menjelaskan, Tim telah melakukan monitoring dengan menggunakan drone terkait aktivitas perambahan hutan di kawasan SM Giam Siak Kecil. Monitoring telah dilakukan selama dua minggu.

"Laporan dari tim patroli Balai Besar KSDA Riau bahwa ada pembukaan lahan dikawasan SM Giam Siak Kecil dengan menggunakan alat berat," kata Hartono, Jumat (14/10/2023).

Selanjutnya, Tim gabungan langsung bergerak ke lokasi dan meminimalisir terkait dengan kerusakan yang ada di GSK. "Dari hasil operasi, tim mengamankan satu alat berat yang disembunyikan didalam semak belukar kawasan hutan SM GSK. Namun pelaku sudah tidak ada di lokasi," katanya.

Saat ini, dengan pihak Polda Riau sedang melakukan penyelidikan terhadap pelaku perambah. Sementara tim sudah mengantongi beberapa pelaku yang melakukan kegiatan perambahan kawasan, untuk pemodal masih menunggu pengembangan proses penyelidikan.

"Dari pantauan drone, ada sekitar 125 hektare hutan di kawasan GSK telah dirambah dan masih bersifat pembukaan lahan saja. Karena di lokasi tidak ditemukan adanya bibit tanaman dan hanya bersifat pembukaan lahan," jelasnya.