Orang Tua Siswa Keluhkan Ijazah Asli Belum Diterima Hingga Kini, Ini Penjelasan Disdik Pekanbaru

Sabtu, 06 Oktober 2018 - 00:07:55 WIB

PEKANBARU - Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Jumat (5/10/2018) tidak menampik adanya keluhan orang tua siswa yang hingga saat ini belum mendapatkan ijazah asli dari sekolah asalnya.

Jamal membenarkan, siswa lulusan SD maupun SMP memang hingga saat ini belum menerima ijazah asli. Pihaknya beralasan proses pencetakan ijazah tidak dilakukan di daerah, namun dilakukan di pusat, Jakarta.

Sebab pencetakan ijazah harus dilakukan secara ketat karena disertai dengan nomor seri layaknya uang tunai. "Itu yang dicetak di pusat (Jakarta). Setelah itu baru di kirim ke daerah," katanya.

Saat ini ijazah asli tersebut sudah sampai di Pekanbaru dan sudah didistribusikan ke masing-masing sekolah. Namun ijazah asli tersebut belum bisa dibagikan ke siswa karena ijazah asli yang dikirim dari pusat tersebut masih kosong. Sehingga harus diisi oleh masing-masing sekolah sesuai dengan data siswa yang lulus.

Loading...

"Proses pengisian ijazah ini yang lama. Karena ditulis tangan, tidak pakai komputer. Kalau pakai komputer sebentar saja selesai. Tapi kan tidak boleh itu diprint pakai komputer, harus ditulis tangan," ungkapnya.

Jika ada orang tua siswa yang mendesak membutuhkan ijazah asli, pihaknya meminta agar orang tua menyampaikannya ke pihak sekolah. Sehingga pihak sekolah bisa memprioritaskan untuk diselesaikan duluan.

"Kalau ada orang tua masu cepat, silahkan sampaikan ke sekolah, sampaikan apa alasanya ingin cepat-cepat dapat ijazah asli itu. Nanti pihak sekolah bisa menyelesaikan itu duluan," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah orang tua siswa mempertanyakan belum keluarnya ijazah asli anaknya meski sudah lulus. Kekesalan orang tua siswa pun semakin tidak terbendung setelah mempertanyakan ke pihak sekolah, namun tidak ada jawaban yang memuaskan.

"Masak sudah tiga bulan belum juga selesai ijazah aslinya, kan keterlaluan itu namanya," kata Randi salah seorang orang tua siswa yang anaknya baru lulus SMP di Pekanbaru, Jumat (5/10/2018).

Akibat belum selesainya ijazah asli tersebut, pihaknya pun mengaku kesulitan. Sebab saat ini anaknya sudah masuk di SMA sementara ijazah asli SMPnya belum juga didapatkan. "Kasian anak-anak kita yang sekarang masuk ke SMA belum dapat diregistrasi karena menunggu ijazah aslinya siap," ujarnya.

Pihaknya berharap kepada Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru bisa menggesa untuk mempercepat proses penyelesaian ijazah asli. Sebab sejauh ini pihaknya tidak mendapatkan kapastian dari pihak sekolah kapan ijazah asli tersebut bisa diterima.

"Kok makin canggih zaman makin rumit. Kepala sekolahnya saja pusing, karena didatangi oleh wali murid setiap hari menanyakan masalah itu," katanya.




Baca Juga Topik #kombis+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+