Logo Tirainews.com

Pengalaman Mengikuti Program Asistensi Mengajar di MTs Miftahul Ulum

Pengalaman Mengikuti Program Asistensi Mengajar di MTs Miftahul Ulum

Asistensi Mengajar pada satuan pendidikan merupakan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dengan mengikuti program ini mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan dan mempraktekkan ilmu yang sudah diperoleh di kampus. Dengan adanya program Asistensi Mengajar, mahasiswa dilibatkan secara langsung di dalam membantu proses pengembangan sekolah baik di dalam bidang akademik, non-akademik maupun administrasi sekolah.

Kegiatan pembelajaran dalam bentuk asistensi mengajar dilakukan oleh mahasiswa di satuan pendidikan seperti sekolah dasar, menengah, maupun atas. Sekolah tempat praktek mengajar dapat berada di lokasi kota maupun di daerah terpencil. Asistensi mengajar di satuan pendidikan adalah bentuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa secara kolaboratif di bawah bimbingan guru dan dosen pembimbing di satuan pendidikan formal. Aktivitas mengajar di satuan pendidikan ini dilaksanakan selama 1 semester (setara 24 SKS).

Tujuan program asistensi mengajar di satuan pendidikan antara lain: 1) Memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan untuk turut serta mengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru di satuan pendidikan. 2) Membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan, serta relevansi pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi dan perkembangan zaman. Meskipun begitu, pada praktiknya, tugas mahasiswa di program Kampus Mengajar tidak hanya mengajar. Tugas inti dari mahasiswa peserta Kampus Mengajar meliputi a) membantu akademik, b) membantu non-akademik c) membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi.

Program ini dilaksanakan selama 1 semester dengan waktu pelaksanaan empat bulan. Kegiatan dimulai tanggal 20 Februari 2023-18 Juni 2023. Kegiatan ini saya laksanakan di MTs Miftahul Ulum dengan berbagai kegiatan yang meliputi kegiatan akademik, non-akademik, administrasi sekolah dan publikasi.

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada bapak kepala sekolah MTs Miftahul Ulum bapak Ali Ashadi, S.Kom yang telah menerima saya untuk dapat melaksanakan asistensi mengajar. Disini tak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Tri Cahyo, S.Pd  selaku guru pamong selama asistensi mengajar ini yang senantiasa membimbing dengan sabar, dan bersedia meluangkan waktunya untuk memberi pengarahan kepada saya. Dan Terima kasih juga saya ucapkan kepada majlis guru, staf dan karyawan yang telah membantu saya selama melaksanakan program asistensi mengajar ini. Dan terakhir saya mengucapkan terima kasih kepada siswa/siswi MTs Miftahul Ulum. Saya bangga dan senang karena pernah menjadi bagian keluarga besar MTs Miftahul Ulum.

Selama mengikuti asistensi mengajar banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan baik saat mengajar di kelas, memanajemen diri, memanajemen waktu, hubungan sosial, kekeluargaan serta cara pandang terhadap suatu permasalahan serta cara penyelesaiannya. Dengan adanya asistensi mengajar, mahasiswa dapat merasakan secara langsung lingkup kerja yang ada di Sekolah. Sehingga hal tersebut dapat menjadi pengalaman langsung yang dapat dijadikan sebagai pelajaran saat terjun di dunia persekolahan setelah menyelesaikan perkuliahan.

Semoga sekolah MTs Miftahul Ulum ini terus maju dan mengalami perubahan positif untuk kedepannya. Semoga bisa menciptakan genarasi yang hebat baik dibidang Akademik maupun Non-akademik. Untuk anak-anak ibu teruslah kalian mengikuti perlombaan baik di tingkat kecamatan, kabupaten maupun provinsi. Untuk anak-anak semuanya belajarlah dengan giat capailah cita cita kalian, harumkan nama sekolah MTs Miftahul Ulum ini.

Selain itu, program asistensi mengajar juga membuka jalur bagi mahasiswa untuk menjalin relasi dengan guru dan siswa di MTs Miftahul Ulum sehingga kedepannya dapat terus berkomunikasi baik dalam dunia kerja maupun diluar dunia kerja sehingga dapat menyambung tali silaturahmi. Masih jauh dari kata sempurna, semoga hasil yang didapat dari pelaksanaan program ini dapat memberikan manfaat baik untuk mahasiswa asistensi, pihak sekolah, maupun pihak universitas.**