Gelar Webinar, Mahasiswa Kukerta Pedagogik Unri Bahas Sistem Belajar Daring

Jumat, 24 Juli 2020 - 08:00:48 WIB

Tirainews.com - Mahasiswa Universitas Riau yang menjalani Kuliah Kerja Nyata atau Kukerta Pedagogik di Desa Koto Tibun dan Desa Rumbio berkolaborasi dalam   mengadakan Webinar Pendidikan, Kamis (23/7/2020). Webinar ini mengusung tema Efektivitas Guru dalam Mengajar di Masa Pandemi.

Kordinator Desa Akhmadi Arief mengatakan, kegiatan Webinar ini dibuat sebagai bentuk dari permasalahan yang terjadi di dalam sistem belajar online atau dalam jaringan (Daring). Beberapa faktor utama masalah tersebut di antaranya kesiapan tenaga pendidik dan pelajar, ketersediaan hardware dan software, serta ketersediaan akses internet dan jaringan. 

"Itu adalah beberapa faktor utama masalah yang menyebabkan kurang efektifnya sistem pembelajaran dari rumah secara online atau dalam jaringan (Daring) di masa pandemi Covid-19," kata Arief. 

Tentu saja, lanjutnya, bukan hanya ada dampak buruk yang terjadi di dalam sistem pembelajaran online ini. Namun juga ada hal baik yang dapat diambil dari hal tersebut. 

Loading...

"Di antaranya yaitu menjadikan seorang pelajar menjadi lebih mandiri dalam belajar di masa depan, menjadikan sekolah lebih dipaksa dalam mengunakan teknologi informasi secara luas dalam hal belajar," jelasnya. 

Adanya faktor-faktor atau permasalahan tersebut, maka kedua tim kukerta berkolaborasi membuat kegiatan bagi guru terkait efektivitas mengajar di masa pandemi. Adapun kegiatan ini diisi oleh pemateri yang berkompeten di bidangnya. 

"Pemateri tersebut yaitu Bapak Prof Dr Jimmi Copriady M Si Selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP Universitas Riau yang menyampaikan materinya terkait Efektivitas dalam mengajar sedangkan untuk pemateri kedua yaitu Bapak Supentri M Pd selaku Dosen Prodi PPKn FKIP Universitas Riau yang menyampaikan materinya terkait Model-model atau metode yang digunakan saat pembelajaran di masa pandemi atau daring. Adapun moderator dalam kegiatan ini yaitu Doddi Caniago selaku mahasiswa kukerta pedagogic Universitas Riau," paparnya. 

Ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dalam proses pembelajaran di masa pandemi, untuk meningkatkan kesiapan tenaga pendidik dalam memberikan pembelajaran di masa pandemi dan Sharing haring terkait efektivitas dalam memberikan pembelajaran di masa pandemi.




Baca Juga Topik #Pendidikan+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+