Ilustrasi (net)

Ingin Beli AC? Perhatikan 4 Hal Ini

Rabu, 10 Oktober 2018 - 20:07:29 WIB

Tirainews.com - Membeli barang elektronik seperti air conditioner (AC), ada hal yang perlu diperhatikan. Apa saja yang harus diketahui jika hendak membeli alat pendingin ruangan ini?

Mari simak penuturan Heribertus Ronny, Assistant General Manager Air Conditioner salah satu merek ternama ini. Pertama adalah melihat kapasitas ruangan yang membutuhkan AC.

Sebelum pergi ke toko untuk membeli, sebaiknya Anda mengukur atau mengetahui terlebih dahulu luas ruangan yang membutuhkan AC.

“Konsumen wajib mengetahui kebutuhan,” jelas Heribertus Ronny, di Kemang, Jakarta Selatan, Selasa, 9 Oktober 2018.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah listrik di rumah dan apakah listrik itu sesuai dengan kebutuhan AC yang akan dibeli. Selain listrik, kondisi voltase juga sebaiknya dilihat dulu.

Voltase adalah tegangan listrik diukur dalam volt. Bila voltase di rumah rendah, pastikan AC yang dibeli bisa bervoltase rendah.

Bila voltase rendah dan AC tidak bisa berfungsi dengan voltase demikian, AC akan bekerja jauh lebih keras dan dengan perlahan kompresornya akan rusak. Hal terakhir yang perlu dilihat adalah instalasinya.

“Kalau instalasinya benar, AC tidak akan pernah bocor,” lanjut Rony.

Dia mengatakan kalau instalasi harus dilakukan oleh orang resmi. Instalasi yang benar akan mengikuti standar industri.

Banyak yang memilih untuk tidak menggunakan petugas resmi untuk instalasi karena lebih mahal. Namun, sebenarnya instalasi itu benar-benar penting.

“Lebih baik bayar mahal untuk instalasi karena kalau enggak nanti jadi rewel dan bocor terus,” kata Rony seperti dilansir tempo.co. (tim)



Tulis Komentar +
Berita Terkait+