Fatullah

PAD Triwulan I di Bapenda Meningkat, Komisi II DPRD Pekanbaru Beri Apresiasi

Jumat, 20 Maret 2020 - 15:27:29 WIB

Tirainews.com - Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, H Fatullah mengapresiasi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru. Sebab, ada peningkatkan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk triwulan I tahun 2020. 

Peningkatan sebesar 30 persen, dari tahun lalu. Angka yang dicapai sebesar Rp133 Miliar dari target triwulan I sebesar Rp136 Miliar.

"Saya memberikan apresiasi karena kinerja yang baik. Terlebih adanya peningkatan seperti ini," kata H Fatullah saat berbincang bersama wartawan, Jum'at (20/3/2020).

Politisi Gerindra ini juga mengatakan bahwa Bapenda memiliki dua tugas utama, yaitu pelayanan dan menggali pendapatan daerah dari sektor pajak. Untuk itu, Bapenda memang harus terus melakukan layanan prima dan sehat untuk memastikan kas daerah selalu terisi. 

Loading...

"Bapenda memang harus di isi orang-orang yang ahli dibidangnya, mengingat, kinerja Bapenda harus tetap sehat dan prima. Kalau tidak maksimal, maka pembangunan tidak akan tercapai sesuai target," tuturnya.

Disamping itu, Fatullah berharap Bapenda untuk terus melakukan inovasi. Ia pun mengingatkan tantangan yang dihadapi Bapenda ke depan, seperti meningkatnya akses teknologi, dalam hal ini penerapan transaksi non tunai dan pajak online.

"Adanya penerapan transaksi non tunai, tidak hanya sebatas efisiensi sistem pembayaran. Tetapi dari sisi pemerintahan, dapat menaikkan PAD. Contoh sejak diterapkan pembayaran parkir online atau non tunai, retribusi parkir meningkat. Begitu juga dengan penerapan pajak online, juga telah meningkatkan pendapatan," pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Bapenda Kota Pekanbaru berhasil meningkatkan Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) di angka 30 persen. Hingga kini, capaian yang diperoleh mencapai Rp133 miliar. 

Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin mengatakan, capaian itu didapat dari 11 objek pajak yang ada di instansi itu. Ia akui, perolehan terbesar dari delapan objek pajak. 

"Capaian triwulan I, Rp133 miliar realisasi kita dari target kita Rp136 miliar," ungkap Zulhelmi.

Angka tersebut, kata dia sudah menyentuh 98,5 persen dari target triwulan I. Ia optimis, capaian triwulan I akan bisa diraih. Sebab, masih ada waktu hingga akhir bulan Maret ini. 

"Kita terus berusaha, dan mudah-mudahan dalam beberapa hari ini kita cukupkan target kita. Sehingga kita masih punya beberapa hari ke depan untuk kejar target triwulan II," pungkasnya. 




Baca Juga Topik #Pemko Pekanbaru+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+