Logo Tirainews.com

Cegah Covid-19, Pemdes Tasik Serai Bagikan Masker Pada Pedagang

Cegah Covid-19, Pemdes Tasik Serai Bagikan Masker Pada Pedagang

Tirainews.com - Guna memutus mata rantai penyebaran virus corona (covid - 19), Pemerintah Desa Tasik Serai Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis Riau, beserta Tim penggerak PKK, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, membagikan masker kepada sejumlah pedagang di Pasar Selasa Simpang Jambu, Selasa (28/4/2020).

Selain membagikan masker pada sejumlah pedagang, tim juga melakukan sosialisasi tentang pencegahan penyebaran Covid-19, agar selalu menggunakan masker dan menjaga jarak terlebih ditempat umum.

Kepala Desa Tasik Serai Sabar Manurung kepada wartawan mengatakan, kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk mencegah covid - 19 didesa yang dipimpinnya itu, terlebih para pedagang yang datang dari luar yang identitasnya tidak diketahui.

"Tujuanya adalah bagaimana pencegahan dan menghindari Covid-19. Riau saat ini sudah menerapkan PSBB. Untuk menghindari hal tersebut, maka sekarang ini kita membagikan masker kepada pedagang. Sebab Pedagang yang dari luar juga kita tidak tau orang mana," ujar kades.

Dijelaskan kades, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi tentang pentingnya kesehatan diwilayah pasar Kamis yang berada di KM 33, yang bertujuan  bagaimana ditempat tempat umum para pedagang dan pembeli harus selalu menggunakan masker.

"Kepada pengelola pasar juga  sudah kita anjurkan agar menyediakan alat pencuci tangan dan melakukan penyemprotan disinfektan. Maka speksi pada hari ini kita sudah melihat dan sudah kita intruksikan agar tetap menggunakan masker. Nah, pihak kita juga akan mengambil sikap tegas jikalau para pedagang yang akan berdagang kembali kepasar ini tidak menggunakan masker, akan kita suruh pulang," jelasnya.

"Kepada pihak pengelola pasar juga harus membantu kita tentang hal ini, agar pasar ini bisa tetap buka dan kebutuhan masyarakat juga bisa terpenuhi," tambahnya.

Untuk tahap selanjutnya, pemdes Tasik Serai berencana akan mendirikan  ampang ampang, agar siapa atau masyarakat yang keluar masuk bisa terdata, agar daerah tersebut terhindar dari Covid-19 dan jagan sampai diberlakukannya lockdown didaerah itu akibat Covid-19 yang telah mewabah.