Logo Tirainews.com

Gepeng Menjamur di Pekanbaru, Satpol PP Bakal Gandeng Tim Kesehatan Lakukan Penertiban

Gepeng Menjamur di Pekanbaru, Satpol PP Bakal Gandeng Tim Kesehatan Lakukan Penertiban
Ilustrasi (net)

Tirainews.com - Saat ini, sejumlah persimpangan jalan di Kota Pekanbaru diramaikan oleh gelandangan dan pengemis (Gepeng). Mereka meminta-minta kepada pengendara jalan, di tengah pandemi Virus Corona atau Covid-19. 

Seperti di persimpangan Jalan Prof Moh Yamin - Jalan Ahmad Yani. Di lokasi itu sering ditemui seorang ibu, meminta-minta kepada pengendara jalan. 

Menanggapi itu, Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Agus Pramono menyebut segera lakukan penertiban. "Ini nanti kita tertibkan, karena secara umum mereka tidak boleh beraktivitas di jalan," kata Agus, Selasa (12/5/2020).

Apalagi saat ini Kota Pekanbaru sedang dalam pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap II. Sebenarnya, meski pun tidak dalam masa PSBB, aktivitas seperti itu dilarang Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. 

"Kita akan tertibkan mereka karena sudah melanggar aturan, segera kita tertibkan," tegasnya.

Ia menyebut, bakal menggandengan tim kesehatan saat penertiban. Hal ini untuk mengantisipasi adanya gepeng yang terindikasi covid-19.

Agus menjelaskan gepeng tersebut pasti punya riwayat perjalanan. Sebab, mereka sering kali berpindah tempat. 

"Gepeng yang terindikasi punya gejala covid-19 bakal dievakuasi oleh tim kesehatan. Mereka butuh penanganan yang spesifik," jelasnya.