Logo Tirainews.com

Keluar Masuk Riau Harus Punya Surat Keterangan Bebas Virus Corona?

Keluar Masuk Riau Harus Punya Surat Keterangan Bebas Virus Corona?
Ilustrasi (net)

Tirainews.com - Orang keluar dan masuk Provinsi Riau disarankan harus memiliki keterangan bebas Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Selain surat tersebut, juga harus ada hasil pemeriksaan rapid test maupun swab dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Riau di Pekanbaru.

"Untuk Provinsi Riau jelas, kita sudah sampaikan ke Kadiskes dan Dirut RSUD Arifin Achmad Riau, agar semua orang yang akan berpergian keluar Riau maupun masuk Riau surat keterangan bebas Covid-19, rapid test maupun swab harus dari RSUD Arifin Achmad," kata Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi, Sabtu (16/5/2020).

Sebab, jika pengeluaran surat keterangan sebagai syarat orang berpergian tidak disentralisasi, maka semua orang bisa sembarangan minta surat keterangan dari mana saja.

"Tapi kalau surat keterangan itu dikeluar dari RSUD Arifin Achmad, kalau disalahgunakan kita bisa tunjuk RSUD Arifin Achmad. Jadi tanggung jawabnya besar sebagai rumah sakit rujukan untuk mengeluarkan surat itu," terangnya.

Dengan begitu, sebut Yovi, maka dipastikan pemerintah bisa mempersulit orang keluar Riau. Sebab jika semua dibuat mudah, maka semua orang akan mudah keluar masuk Riau.

"Nanti teknisnya silahkan Kadiskes dan Dirut RSUD Arifin Achmad Riau dan teman-teman rumah sakit koordinasi terlebih dahulu. Karena tidak bisa langsung diputuskan begitu saja RSUD Arifin Achmad sebagai rumah sakit rujukan untuk membuat surat keterangan itu," paparnya.

"Kalau tidak dibuat seperti itu, kita lihat di berita surat keterangan bisa dijual beli di online. Makanya perlu kita antisipasi itu, untuk memperketat syarat orang berpergian keluar Riau,"

Untuk diketahui, kebijakan ini dilakukan menyusul dengan diperbolehkan kembali moda transportasi darat, laut dan udara oleh Menteri Perhubungan. Namun dalam surat edaran menteri orang boleh berergian dengan syarat harus menyertakan surat keterangan bebas Covid-19, rapid test dan swab.