ilustrasi (net)

Lakukan 5 Cara Ini Agar Lebih Sehat di Akhir Pekan

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 18:49:48 WIB

Tirainews.com - Akhir pekan merupakan hari yang ditunggu-tunggu banyak orang. Akhir pekan, biasanya digunakan untuk bersantai, berdiam diri di rumah dan menikmati liburan.

Tapi, bagaimana jika tubuh kurang sehat di akhir pekan. Tentu saja sangat tidak mengasyikkan. Hal itu bisa terjadi karena sejumlah kebiasaan yang dilakukan secara sembarangan.

Sehingga, menjadi penyebab munculnya dampak ini. Dilansir dari merdekacom, penelitian dari Cornell University mengungkap bahwa seseorang lebih rentan bertambah berat badan usai akhir pekan atau pada hari senin.

Hal ini bisa terjadi karena pola makan, jam tidur, serta tingkat stres yang terkadang menjadi berantakan pada akhir pekan. Oleh karena itu, penting untuk menghabiskan akhir pekan ini secara sehat. 

Loading...

Baca Juga : Hindari 5 Minuman Ini, Bisa Picu Sakit Jantung

Berikut lima hal yang terbukti secara ilmiah bisa membuat akhir pekan menjadi lebih menyehatkan.

1. Tetap Bangun Sesuai Jadwal Setiap Hari

Bagi banyak orang, akhir pekan merupakan waktu bermalas-malasan dan bangun lebih siang. Namun rupanya hal ini malah justru bisa berdampak buruk pada tubuh.

Penelitian yang dilakukan di University of Arizona-Tuscon mengungkap bahwa perubahan jam tidur ini bisa berdampak buruk. Hal ini bisa membuatmu lebih lelah serta mood juga cenderung berantakan dibanding ketika kamu memertahankan jadwal tidur secara konsisten dalam tujuh hari.

Selain itu, perubahan jam tidur ini juga bisa memiliki dampak yang buruk pada kesehatan jantung. Oleh karena itu, pastikan di akhir pekan kamu tetap bangun pada jam yang sama seperti sebelumnya.

Baca Juga : Konsumsi 6 Jenis Protein Ini Saat Melakukan Diet

Aktif Bergerak dan Konsumsi Makanan Secara Terkendali

2. Tetap Aktif Bergerak

Adanya waktu luang di akhir pekan, menjadikan hari minggu biasanya merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga. Walau begitu, tetap tak sedikit orang yang menikmati akhir pekan mereka dengan bermalas-malasan atau tiduran saja.

Kurangnya gerakan pada akhir pekan ini merupakan penyebab meningkatnya berat bada pada waktu ini. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap berolahraga di akhir pekan walau hanya sebentar.

3. Konsumsi Makanan Secara Terkendali

Bagi mereka yang menerapkan pola makan secara ketat setiap hari, akhir pekan seringkali menjadi hari pembebasan untuk makan hal-hal yang biasanya pantang dilakukan. Hanya saja, pastikan untuk melakukannya secara terkendali dan penuh perhitungan.

Pastikan jangan makan secara berlebihan pada saat akhir pekan ini. Walau begitu membatasi konsumsi makanan yang biasanya pantang dan hanya dilakukan pada akhir pekan bisa jadi motivasi untuk makan secara sehat pada hari-hari biasa.

Baca Juga : Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan 10 Olahraga Ini

Bergaul dan Berendam Air Panas

4. Bergaul

Pada akhir pekan, sangat diarankan untuk melakukan sosialiasi dan bergaul dengan teman atau kelurga. Dampak hidup sendiri dan terasing secara sosial bisa sama seperti obesitas.

Semakin melonggarnya PPKM bisa membuatmu mulai bertemu dengan teman atau keluarga walau secara terbatas. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada American Journal of Public Health mengungkap bahwa wanita lanjut usia yang memiliki jaringan sosial luas, cenderung memiliki risiko demensia dan masalah kognitif yang lebih rendah.

5. Mandi Air Panas

Mandi dan berendam air panas juga bisa menjadi cara untuk membuat akhir pekan lebih sehat. Hal ini bisa membuat tubuh menjadi rileks dan siap untuk tidur dengan kualitas baik.

Berendam air panas juga bisa menjadi cara untuk menurunkan tekanan darah dan membakar kalori. Cara ini bisa sangat menyenangkan dan menenangkan untuk dilakukan pada akhir pekan.

 




Baca Juga Topik #kesehatan+
Business

Atasi Masalah rambut dengan Biji Kopi Arabika

Kamis, 11 November 2021
Business

Menurunkan Kolesterol dengan Lemon dan Bawang Putih

Jumat, 05 November 2021
Business

Kenali Sejak Dini dan Lawan Kanker Payudara

Sabtu, 30 Oktober 2021
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+