Logo Tirainews.com

Mahasiswa Kukerta Unri di Nagari Pariangan Gelar Webinar

Mahasiswa Kukerta Unri di Nagari Pariangan Gelar Webinar

Tirainews.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri) di Nagari Pariangan menggelar Webinar Nasional dengan Platform Zoom Meetings yang bertajuk "Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19" pada 7 Agustus 2021.

Melihat kondisi pendidikan pada masa pandemi seperti ini membuat mahasiswa kukerta Universitas Riau berinisiatif untuk menyelenggarakan Webinar Pendidikan Regional Riau dan Sumatera Barat.

Webinar Regional Riau dan Sumatera Barat ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas bagi tenaga pendidik untuk mengajar secara daring di masa Pandemi Covid-19 dan menjawab kegelisahan civitas academica, khususnya mahasiswa kukerta UNRI perihal pembelajaran daring yang monoton dan tidak efektif.

Kegiatan ini diawali oleh Saudari Amelia Fitri selaku Master of Ceremony (MC) pada kegiatan pagi hari itu. Kemudian dilanjutkan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Bapak Angga Pramana SP MSc yang menyampaikan kata sambutannya sekaligus membuka acara dalam kegiatan webinar.

Beliau menyampaikan apresiasi serta rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada semua peserta yang hadir dan terlibat dari Provinsi Riau maupun Provinsi Sumatera Barat. Kemudian beliau juga menjelaskan dalam sambutannya sedikit terkait dengan kondisi pendidikan saat ini.

Pada sesi berikutnya masuk pada acara inti yaitu penyampaian materi yang dipandu oleh Moderator Webinar Pendidikan Regional Riau dan Sumatera Barat yaitu saudara Muhamad Gunawan, salah satu anggota KUKERTA UNRI NAGARI PARIANGAN yang pada Webinar ini menyampaikan profil biodata dari kedua narasumber yang hadir dalam kegiatan webinar tersebut .

Webinar Regional Riau dan Sumatera Barat menghadirkan dua Narasumber yakni Dr Hj Nurhafni MPd  dan Dr Ikhwansyah M Kom. Narasumber pertama yaitu Dr Hj Nurhafni MPd yang merupakan Plt Ketua PGRI Kabupaten Kuantan Singingi dan Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan PGRI Provinsi Riau, yang pada webinar ini menjelaskan materinya mengenai “Inovasi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19”. 

Kemudian dilanjutkan penyampaian materi dari narasumber kedua yaitu Dr Ikhwansyah MKom yang merupakan Kepala Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat PGRI Provinsi Sumatera Barat, yang pada webinar ini menjelaskan materinya mengenai “Digitalisasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19”.

Setelah penyampain materi selesai, kemudian dilanjutkan ke sesi diskusi atau tanya jawab yang sangat menarik dimana para peserta sangat ingin mendapatkan ilmu dari para narasumber. Para penanya sangat antusias untuk bertanya melalui media Zoom Meeting tentang Webinar Pendidikan ini.

Setelah semua pertanyaan terjawab, kemudiam dilanjutkan dengan foto bersama yang dipandu oleh moderator. Lalu ditutup oleh Moderator

Adapun Mahasiswa UNRI yang melangsungkan KKN Tahun 2021 di Nagari Pariangan adalah, Muhamad Gunawan, Novelia Shafyra, Anggi Efrida, Khairul Ihsan, Meuthya Fierdaus, Sinta Marhuri, Roki Putra Edlin, Machyar Hadi Azra, Amelia Fitri, dan Dinda Wulandari.