Logo Tirainews.com

Patroli Karhutla, Kapolsek Bunut Panjat Tower Setinggi 35 Meter

Patroli Karhutla, Kapolsek Bunut Panjat Tower Setinggi 35 Meter

Tirainews.com - Karhutla masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Bunut. Ini disebabkan kecamatan itu memiliki beberapa desa yang rawan akan terjadinya karhutla. 

Karakteristik tanah yang sebagian besar gambut di musim kemarau sangat berpotensi terjadinya karhutla. Adanya beberapa kejadian kebakaran hutan/ lahan (karhutla) di wilayah Kecamatan Bunut baik di tahun-tahun sebelumnya dan di tahun ini merupakan ancaman.

Oleh karena itu Polsek Bunut aktif dalam melakukan upaya pencegahan dan deteksi dini salah satunya dengan melaksanakan Patroli Karhutla. Giat patroli karhutla kali ini langsung dipimpin oleh Kapolsek Bunut dengan memanjat tower setinggi 35 meter milik PT Ararabadi distrik Sorek tepatnya di Desa Sungai Buluh Kecamatan Bunut, Ahad (9/8/2020).

Selain Kapolsek Bunut AKP Rokhani SS MH ada juga Babinkamtibmas Desa Sungai Buluh Bripka Canon dan beberapa anggota Security PT delta distrik Sorek.

"Kegiatan Patroli Karhutla ini bertujuan untuk mengantisipasi dan melakukan deteksi dini guna mengatasi lebih awal kemungkinan terjadinya karhutla, sehingga bisa dilakukan langkah-langkah kedepan yang lebih baik," kata Kapolsek. 

Kapolsek Bunut Akp Rokhani menyebutkan, Patroli ini dilakukan guna deteksi dini terhadap kemungkinan-kemungkinan akan terjadinya karhutla. Sehingga dengan lebih awal bisa mempersiapkan para tim pemadam kebakaran yang ada di Kecamatan Bunut untuk mengambil langkah dan tindakan yg lebih cepat.

"Tentunya harapan dengan kegiatan patroli karhutla ini  dapat mengantisipasi terjadinya karhutla, dan bisa dilakukan secara rutin utamanya di musim kemarau, serta selalu terbinanya koordinasi yang harmonis guna terlaksananya giat patroli seperti ini," tegasnya. 

"Kegiatan patroli karhutla ini akan kami laksanakan bukan hanya dari Kepolisian tetapi juga akan melibatkan unsur lainya seperti TNI, Sat Pol PP, Manggala Agni dan MPA," tambahnya.