Logo Tirainews.com

Seekor Gajah Betina Lahir di PLG Minas

Seekor Gajah Betina Lahir di PLG Minas
Fofo: ist

Tirainews.com - Seekor anak gajah berjenis kelamin betina lahir di Pusat Latihan Gajah Minas, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Jumat 18 September 2020 sekitar pukul 03.00 Wib. Kelahiran ini merupakan kelahiran anak gajah yang kedua binaan Balai Besar KSDA Riau di tahun 2020.

Sebelumnya juga lahir anak gajah berkelamin jantan di TWA Buluh Cina,  Kabupaten Kampar pada Jumat 30 Juli 2020 lalu dan diberi nama Damar, dari indukan bernama Ngatini dengan pejantan bernama Robin. 

"Puji syukur kita panjatkan atas lahirnya kembali seekor anak gajah sumatera," kata Kepala Balai Besar KSDA Riau Suharyono, Ahad (20/9/2020).

Lanjut Suharyono, Tim medis Balai Besar KSDA Riau telah melakukan pengecekan kondisi dan kesehatan bayi dan induk gajah sumatera itu. Tim memberikan asupan multivitamin dan penguat otot melalui infus serta antibiotik kepada induk gajah yang bernama nia. 

"Nia (induk gajah) adalah seekor gajah betina yang dievakuasi dari Desa Tapung, Kabupaten Kampar pada Tahun 2006 karena terkena jerat cukup parah disebelah kaki kanan depan saat berusia 20 tahu," jelasnya.

Bayi yang dilahirkan berjenis kelamin betina dengan estimasi berat badan berdasarkan lingkar badan dan tinggi bahu berkisar 81 kilogram dan lahir dalam kondisi sehat. Bayi gajah sumatera tersebut berada dalam kandungan induknya kurang lebih selama 22 bulan. 

"Kami segera menyampaikan kabar gembira kepada Menteri LHK, ibu Siti Nurbaya Bakar melalui Bapak Direktur Jenderal KSDAE Bapak Wiratno dan  langsung berkenan memberikan nama Rizky kepada bayi Gajah sebagai simbol bagi rezeki alam, lingkungan hidup, dan bagi populasi yang berada di wilayah Sumatera ini," paparnya. 

Ia berharap, agar ke depannya Gajah Sumatera dapat bertambah populasinya baik yang berada di PLG maupun yang ada di alam liar. "Ini merupakan kejutan dan hadiah yang sangat menggembirakan untuk Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2020," tutupnya.