Logo Tirainews.com

Kejar Adipura 2021, TPA Muara Fajar Terapkan Konsep Sanitary Landfill

Kejar Adipura 2021, TPA Muara Fajar Terapkan Konsep Sanitary Landfill
Hendra Afriadi

Tirainews.com - Target dapat penghargaan Adipura, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru menerapkan konsep sanitary landfill di tempat pembuangan akhir (TPA) Muara Fajar.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLHK Kota Pekanbaru Hendra Afriadi mengklaim konsep sanitary landfill ini diklaim mampu meningkatkan efisiensi daya tampung dari pusat penampungan sampah seluruh masyarakat Kota Pekanbaru.

Ia menyebut, penerapan konsep tersebut juga berkaitan dengan akan digelarnya penilaian Penghargaan Adipura. Penghargaan yang diberikan untuk kota yang berhasil dalam kebersihan itu, diperkirakan sekitar Agustus atau September 2021 mendatang. 

"Penilaian Adipura akan diadakan antara Agustus atau September, kita targetkan konsep sanitary landfill di TPA Muara Fajar sudah dilakukan paling lambat akhir Agustus atau awal September 2021," kata Hendra, Jumat (4/6/2021).

Ia menjelaskan, DLHK tengah melakukan persiapan-persiapan yang dibutuhkan. Setelahnya, operasi perubahan konsep TPA Muara Fajar akan dimulai akhir Juni 2021.

"Sudah disiapkan dokumen pelaksanaan penataan dengan sistem ini oleh konsultan. Kalau tidak ada halangan, minggu ketiga Juni sudah kita operasikan, dengan dana operasional alat berat kita," jelasnya.