Logo Tirainews.com

Masuk Pekarangan Warga, BBKSDA Riau Evakuasi Beruang Madu

Masuk Pekarangan Warga, BBKSDA Riau Evakuasi Beruang Madu

Tirainews.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengevakuasi seekor beruang madu (Helarctos malayanus) dari pemukiman warga Desa Alim, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. 

Kepala Balai Besar KSDA Riau Genman Suhefti Hasibuan menjelaskan bahwa kemunculan beruang madu itu diketahui warga pada 13 Februari 2023.

"Saat itu beruang madu terlihat masuk ke rumah dan berkeliaran disekitar pekarangan rumah warga," kata Genman, Kamis (16/02/2023).

Lanjut dia, karena resah dan khawatir terjadi hal tak diinginkan, kemudian warga berinisiatif untuk menangkap satwa tersebut. Sekira pukul 22.00 Wib, beruang madu berhasil ditangkap.

"Setelah berhasil ditangkap, kemudian warga melaporkan hal tersebut ke Bhabinkamtibmas setempat dan selanjutnya diteruskan ke pihak Balai Besar KSDA Riau," terangnya.

Kemudian Tim dari Resort Kerumutan Utara (Pos Kapau) turun ke lokasi untuk segera melakukan evakuasi terhadap satwa tersebut.

"Kondisi fisik satwa terlihat sehat, saat ini satwa yang diperkirakan berumur 1 tahun dan berkelamin jantan tersebut sudah berada dikandang transit Balai Besar KSDA Riau untuk menjalani rehabilitasi sebelum dilepasliarkan ke habitatnya," papar Genman.

"Menurut informasi dari ketua RT setempat, satwa beruang madu sampai ke Desa Alim itu dibawa oleh Suku Kubu yang kala itu melewati desa, namun entah kenapa ditinggal begitu saja," tutup Genman.