Logo Tirainews.com

Berpartisipasi dalam Program Vaksinasi, DPRD Pekanbaru Apresiasi BIN Daerah Riau

Berpartisipasi dalam Program Vaksinasi, DPRD Pekanbaru Apresiasi BIN Daerah Riau

Tirainews.com - Badan Intelijen Negara Daerah Riau terus melanjutkan program vaksinasi sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19. Setelah kemarin dilakukan vaksinasi door to door di dua kabupaten, hari ini Senin (19/7/2021) BIN Riau melakukan vaksinasi pelajar di SMPN 10 Pekanbaru.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk dari Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru yang juga langsung hadir menyaksikan vaksinasi pelajar di SMPN 10 Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri SE. Menurut DPRD, program yang dilaksanakan BIN sangat luar biasa dalam menyukseskan vaksinasi secara nasional.

"Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Badan Intelijen Negara sebagai penyelenggara vaksinasi tingkat SMP dan SMA, harapannya tentu dari pemerintah sendiri memberikan dukungan agar pelaksanaan program vaksinasi nasional ini bisa berjalan secara maksimal," kata Azwendi.

Dikatakan Politisi Partai Demokrat ini, pihaknya sebagai legislator berharap agar vaksinasi ini dilakukan secara merata di seluruh sekolah yang ada, sehingga proses belajar mengajar bisa kembali dilakukan secara tatap muka. Dengan adanya vaksinasi yang diselenggarakan BIN, Azwendi berharap keinginan tersebut bisa tercapai.

"Kami berharap dukungan pemerintah pusat untuk ketersediaan vaksin di daerah agar tidak terkendala, kepada orang tua siswa juga kami himbau untuk memberikan dukungan terhadap program vaksinasi ini, terimakasih kepada BIN, harapan kami agar ini tetap berkesinambungan, sesuai dengan sasarannya," harap Azwendi.

Kepala SMPN 10 Pekanbaru Hj Wijayanti Sri Utari SPd MSi mengatakan, bahwa program vaksinasi ini sangat diperlukan untuk kembali pulihnya pendidikan dari pandemi. Diharapkan setelah semua anak didik mendapatkan vaksin, maka proses belajar mengajar bisa dilaksanakan secara tatap muka.

"Hari ini baru sebagian anak, kedepan seluruh siswa di Kota Pekanbaru sudah divaksin sehingga bisa dilaksanakan proses belajar tatap muka lagi. Dengan adanya vaksin ini kami sekolah siap untuk tatap muka, tinggal menunggu keputusan pemerintah," terangnya.

Sementara Kepala BIN Daerah Riau Brigjen TNI Amino Setya Budi, menjelaskan, bahwa kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan serentak di 34 provinsi dengan dua sasaran, yaitu pelajar dan masyarakat umum. Untuk pelajar dilakukan vaksinasi di sekolah SMP dan SMA, sementara untuk masyarakat umum dilakukan door to door atau rumah ke rumah.

Kebijakan melakukan vaksinasi door to door ini dikarenakan maraknya hoax tersebar di tengah masyarakat berkaitan vaksinasi, sehingga ada beberapa masyarakat yang enggan divaksin. Dengan cara jemput bola mendatangi warga dan melakukan komunikasi secara langsung untuk memberi penjelasan, maka saat masyarakat bersedia divaksin maka langsung dilakukan vaksin di tempat oleh petugas Dinas Kesehatan.

Pelaksanaan vaksin ini merupakan perintah langsung dari Kepala BIN kepada para BIN di daerah, sesuai arahan langsung dari Presiden RI Joko Widodo, sehingga BIN akan melaksanakan vaksinasi ini hingga tuntas.

Dua pekan menyelanggarakan vaksin, BIN Daerah Riau telah melakukan di 10 kecamatan yang tersebar di tiga kabupaten/kota, diantaranya Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Siak. Total sudah 4.500 dosis vaksin diberikan kepada masyarakat dan pelajar, dengan rincian 3.000 dosis pada pekan lalu dan pada pekan ini sudah 1.500 dosis.

Selain jemput bola melakukan vaksin, BIN juga melaksanakan bakti sosial dengan membagikan alat kesehatan, obat, makanan, oksigen gratis, sembako kepada masyarakat, dimana kegiatan itu dilakukan sebagai pertanggungjawaban bahwa BIN hadir sesuai arahan Kepala BIN dan Presiden. (adv)