Logo Tirainews.com

Mahasiswa Kukerta Unri Sosialisasikan Literasi dan PHBS di SDN 028 Bangko Jaya

Mahasiswa Kukerta Unri Sosialisasikan Literasi dan PHBS di SDN 028 Bangko Jaya

Tirainews.com - Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau di Desa Bangko Jaya Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir, melakukan kegiatan pengabdian di SDN 028 Bangko Jaya, Senin (16/8/2021).

Aktivitas sosial dan kemasyarakatan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan program kerja dengan tema literasi sebagaimana yang diwajibkan oleh pihak LPPM Universitas Riau.

Kegiatan ini bertujuan untuk agar siswa SDN 028 Bangko Jaya sadar akan pentingnya Literasi tersebut. Literasi merupakan kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, juga memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. 

Dengan kata lain, literasi tidak dilepaskan dari kemampuan seseorang dalam berbahasa. Maka dari itu begitu pentingnya budaya literasi. Literasi yang masih lemah di Indonesia ini harus kuatkan lagi dalam kegiatan-kegiatan yang mengutamakan literasi.

"Kegiatan sosialisasi pola hidup bersih dan sehat ini sangat berguna untuk kita apalagi dimasa pandemi saat ini. Oleh sebab itu, ilmu tentang pola hidup bersih dan sehat ini harus diterapkan mulai dari diri masing-masing baik di lingkungan sekolah maupun tempat umum lainnya,” kata kepala SDN 028 Bangko Jaya, .

PHBS merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktekkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang keluarga, kelompok atau masyarakat mampu menolong dirinya sendiri (mandiri) di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. PHBS bisa dilakukan di rumah tangga, institusi pendidikan, dan tempat umum.