Logo Tirainews.com

Pengabdian Mahasiswa Kukerta UNRI di Desa Muara Langsat, Beri Edukasi Tentang Perikanan

Pengabdian Mahasiswa Kukerta UNRI di Desa Muara Langsat, Beri Edukasi Tentang Perikanan

Tirainews.com - Tim Pengabdian Masyarakat UNRI bersama Kukerta Terintegrasi Abdimas 2023 Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan melakukan Pelatihan Perikanan. Kegiatan ini mengangkat tema "Penerapan Teknologi Budidaya Ikan Nila (Oreochromis   niloticus) Pada Bak Plastik Central Drain Dengan Pemberian Probiotik dan Pakan Yang Ditambahkan Rabal di Desa Muara Langsat”.

Tim pengabdian kepada masyarakat yang diketuai Oleh Prof Dr Ir Usman Tang MS, dengan anggota Heri Masjudi SPi MSi, dan Mira Rahmita Sari SPi MSi beserta mahasiswa Kukerta Abdimas Desa Muara Langsat melakukan pengabdian, berupa penerapan Penerapan Teknologi Budidaya Ikan Nila (Oreochromis   niloticus) Pada Bak Plastik Central Drain Dengan Pemberian Probiotik dan Pakan Yang Ditambahkan Rabal.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Desa Muara Langsat, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau pada bulan Juli - Agustus 2023. Peserta kegiatan pengabdian ini merupakan anggota kelompok perikanan Maju Bareng yang ada di desa Muara Langsat. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan materi pelatihan dengan metode ceramah dan juga praktek langsung. 

Dalam sambutannya, Kepala Desa Muara Langsat Dwiyono satriyanto Amd Kep, mewakili masyarakat binaan menyampaikan, bahwa pemerintah desa dan masyarakat kelompok pembudidaya ikan Desa Muara Langsat menyambut baik program yang diterapkan oleh tim pengabdian. Hal ini juga sesuai dengan program kerja desa yang menitikberatkan terhadap ketahanan pangan yang nantinya dapat menjadi mata pencaharian warga setempat.

Dalam sambutannya, Kepala Desa juga menyampaikan bahwa sudah ada sembilan bak plastik central drain yang terletak di tiga dusun yakni Sukajadi, Pandan Sari, dan Simpang Baru yang saat ini masih berjalan dengan baik. Maka dari itu, pemerintahan desa berharap dengan adanya pelatihan penggunaan probiotik dan pakan yang ditambah rabal ini, mampu menghasilkan ikan dengan kualitas tinggi dan mengurangi biaya produksi.

Ia juga berharap kepada Kukerta Terintegrasi Abdimas UNRI 2023 membantu sembilan kolam yang tersebar di tiga dusun untuk dibina dalam penggunaan Probiotik dan pakan yang ditambah rabal.

Ketua tim pengabdian Prof Dr Ir Usman Tang MS menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dimana para dosen melakukan riset dan pengajaran di Kampus yang kemudian hasil riset dan pengajaran tersebut diaplikasikan di tengah masyarakat.

Selain itu, Ketua kelompok Kukerta Terintegrasi Abdimas UNRI 2023 Jetro Sumando, menyampaikan Teknologi budidaya ikan nila pada bak plastik central drain dengan Pemberian probiotik dan pakan yang ditambahkan rabal menjadi solusi internal untuk menghasilkan pertumbuhan dan efisiensi pakan yang optimal dan dapat mengurangi beban lingkungan karena akumulasi limbah di perairan.

Ketua tim pengabdian juga menjelaskan bahwa penerapan teknologi budidaya sistem bioflok ini adalah teknologi yang ramah lingkungan dengan meminimalisir pergantian air atau bahkan tidak ada pergantian air. Penerapan sistem bioflok secara nyata dapat meningkatkan nilai hasil produksi yang berdaya saing.

Para peserta diberikan penjelasan materi tentang budidaya (bioflok) ikan dengan penambahan Probiotik dan pembuatan Rabal. Dalam proses penyampaian materi ini, peserta tampak antusias dalam memahami materi yang diberikan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi yang dilakukan oleh peserta dengan pemateri Heri Masjudi, S.Pi M.Si dari tim pengabdian.

Pelaksanaan praktek langsung budidaya ikan Nila dengan sistem bioflok dan pakan rabal dilakukan di lokasi salah satu anggota kelompok perikanan Maju Bareng diikuti oleh semua peserta pengabdian dan Mahasiswa Kukerta Abdimas Desa Muara Langsat.

Para peserta diajarkan bagaimana teknik Fermentasi air dengan beberapa bahan salah satunya Probiotik guna menghasilkan Flok-flok yang nantinya akan dimanfaatkan oleh ikan sebagai pakan tambahan. Dalam hal ini, para peserta diperkenalkan dengan semua bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan media budidaya ikan Nila dengan sistem bioflok dan pakan rabal.

Peserta mengikuti kegiatan dengan serius dan ikut serta secara langsung dalam pelaksanaannya. Selain itu, para peserta juga diberikan penjelasan tentang peningkatan nutrisi pakan dengan penambahan probiotik serta diberikan kesempatan untuk praktik langsung. Hingga berita ini diterbitkan, tim pengabdian dan peserta telah melakukan penebaran benih ikan, dan saat ini sedang dilakukan pemeliharaan ikan.

“Harapan kita, nantinya ikan yang dipelihara dengan penambahan Probiotik (BIOFLOK) dalam bak plastik  ini panen dengan hasil yang baik dan menjadi percontohan bagi peserta serta dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat Desa Muara Langsat,” kata Ketua Tim.**