Tim Kukerta Relawan Universitas Riau Berpartisipasi Tangani Covid-19 di Kecamatan Pangkalan Kerinci

Sabtu, 27 Juni 2020 - 20:51:06 WIB

Tirainews.com - Tim Kukerta Relawan Covid-19 Universitas Riau melaksanakan kegiatan lawan Covid-19 di Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Kegiatan itu dilaksanakan selama satu bulan penuh pada bulan Juni 2020. 

Kegiatan itu melibatkan banyak pihak, seperti pihak Kecamatan Pangkalan kerinci, Kelurahan Kerinci Kota, Puskesmas Pangkalan Kerinci, Radio Pemerintah Kabupaten Pelalawan, dan Taruna Siaga Bencana Pelalawan.  

Tim Kukerta Relawan Pangkalan Kerinci telah melaksanakan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Pangkalan Kerinci. Kegiatan-kegiatan tersebut di antaranya, membantu dalam pendataan dan pendistribusian sembako terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19. 

Tim Kukerta ini juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa kantor pelayanan umum, juga tim kukerta telah membagikan masker kepada para pedagang jalanan yang masih belum menggunakan masker. Selain itu, tim kukerta relawan juga telah memberikan edukasi kepada masyarakat Pangkalan Kerinci, terkait protokol kesehatan dan New Normal melalui radio Suara Bono Pelalawan dan mendatangi rumah warga secara langsung. 

Loading...

Tim kukerta relawan ini juga telah menyediakan fasilitas sebagai tempat pengaduan masyarakat terkait Covid-19  yang telah disediakan seperti posko jaga gerbang di daerah sekitar kantor pelayanan masyarakat. Selain itu, tim kukerta relawan bekerjasama dengan pihak puskesmas Pangkalan Kerinci membuat ruang isolasi dan rutin membersihkannya sebagai tempat isolasi ODP di Pangkalan Kerinci.

Beberapa dari kegiatan yang telah dikerjakan oleh tim kukerta relawan pada dasarnya merupakan program dari pemerintah daerah setempat. Kegiatan itu membutuhkan bantuan agar pelaksanaannya dapat lebih efisien. Sehingga, tim kukerta ini membersamai program tersebut seperti pendataan masyarakat yang terdampak Covid-19, dan pembagian sembako. 

Selain itu, program penyemprotan disinfektan yang dimana program tersebut pada dasarnya merupakan program dari Taruna Siaga Bencana Pangkalan Kerinci, sehingga tim kukerta relawan hadir untuk membantu, dengan menjalankan program dengan APD yang tersedia. Dalam pembuatan ruang isolasi, tim kukerta bekerjasama dengan puskesmas Pangkalan Kerinci, dimana setiap fasilitas yang ada berasal dari pemerintah setempat, yang dikembangkan dan dirawat oleh pihak puskesmas dan dibantu oleh tim kukerta relawan Pangkalan Kerinci. 

Di dalam penyampaian edukasi terkait pencegahan dan penanggulangan Covid-19, tim kukerta bekerjasama dengan pihak radio pemerintah Kabupaten Pelalawan, agar seluruh informasi dapat dijangkau dan diterima banyak orang. Selain dari program-program tersebut, kegiatan lainnya merupakan inisiasi tim kukerta relawan Pangkalan Kerinci sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, seperti pembagian masker kepada masyarakat yang berada diluar yang masih belum menggunakan masker, pembuatan posko jaga gerbang, dan penyuluhan terkait protokol kesehatan langsung ke rumah-rumah warga.

“Saat ini, seluruh kegiatan sudah selesai dilakukan. Tim kukerta sedang dalam proses pembuatan laporan dan luaran, baik itu dalam bentuk video ataupun tulisan di internet” kata Eka, Ketua dari Tim Kukerta Relawan Pangkalan Kerinci, Sabtu (27/6/2020). 

Publikasi dari seluruh kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi siapa saja yang sedang bersama-sama berjuang, memutus rantai penyebaran Covid-19.
Kecamatan Pangkalan Kerinci dalam upayanya untuk mencegah penyebaran Covid-19 dinilai sudah baik. Program-program yang dijalankan juga efektif dan dapat diterima masyarakat dengan baik. Selain itu, Kecamatan Pangkalan Kerinci juga sangat baik dalam menerima relawan seperti tim kukerta UNRI untuk bekerjasama dalam menyelesaikan program-program terkait Covid-19 ini.

“Kehadiran tim kukerta relawan Unri ini sangat membantu kami dalam menjalankan program-program terkait Covid-19 ini. Baik itu dalam melakukan pendataan, verifikasi data, penyaluran sembako, dan masih banyak lainnya, tim kukerta ini sangat baik dalam pelaksanaannya. Saya sangat mengapresiasi niat dan setiap pekerjaan dari seluruh mahasiwa yang telah bersedia menjadi relawan disini. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi banyak pihak untuk bersama-sama memutus rantai penyebaran Covid-19 di negara ini.” Tegas lurah Pangkalan Kerinci Kora, Theofandu Alrasyid.

 




Baca Juga Topik #Pendidikan+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+