Logo Tirainews.com

Kapolsek Kuala Kampar Ikuti Rapat Persiapan dan Deklarasi Damai Calon Kepala Desa

Kapolsek Kuala Kampar Ikuti Rapat Persiapan dan Deklarasi Damai Calon Kepala Desa
Kapolsek Kuala Kampar Ikuti Rapat Persiapan dan Deklarasi Damai Calon Kepala Desa

Tirainews.com - Kapolsek Kuala Kampar AKP Hanova Siagian mengikuti kegiatan rapat persiapan dan deklarasi damai calon kepala desa Dalam pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 Kecamatan Kuala Kampar, Jumat (5/11/2021).

Rapat berlangsung di Mess Penghulu Jogel Kantor Camat Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan.

Turut menghadiri kegiatan tersebut yaitu  Plt Camat Kuala Kampar T. Fauzar, Plt Kepala Puskesmas Kuala Kampar Heri Susanto, Para Pj Kades se-Kecamatan Kuala Kampar, Panitia Pilkades Serentak Kecamatan Kuala Kampar dan Para Calon Kades Kecamatan Kuala Kampar.

Adapun deklasi damai calon kepala desa yang disepakati yaitu dalam pelaksanaan Pilkades selalu menerapkan protokol kesehatan dan menjaga Kamtibmas selama Pilkades.

Selanjutnya, mentaati semua ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya yang di buat oleh panitia Pilkades.

Apabila terjadi perselisihan, perbedaan pendapat tentang pelaksanaan Pilkades maka diupayakan penyelesaian secara musyawarah mufakat.

"Terhadap calon agar siap terpilih atau tidak terpilih serta menerima hasil keputusan dari seluruh proses tahapan Pilkades," Kapolsek.

Bagi calon Kades terpilih tidak akan membuat acara pesta yang berlebihan yang dapat memancing situasi yang kurang kondusif.

Lebih lanjut dijelaskan, kepada calon kades terpilih tidak akan melakukan upaya yang dapat mempropokasi massa / pendukung untuk melakukan tindakan anarkis atau perbuatan yang melanggar hukum.

Apabila dalam pelaksanaan Pilkades terdapat kecurangan ataupun perbuatan yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku diserahkan kepada pihak yang berwenang.

Semua pihak memiliki tekad, semangat dan komitmen yang sama untuk menjaga situasi agar kondusif selama dan sesudah pelaksanaan Pilkades.

Terhadap, seluruh pendukung Calon Kades harus mentaati aturan demi terciptanya kamtibmas.

Seluruh pendukung dilarang keras konvoi dan euforia akan dapat memancing potensi Konflik di wilayahnya. Selama kegiatan berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman terkendali.