Logo Tirainews.com

Kesbangpol Catat Ada 900 Pengungsi di Pekanbaru

Kesbangpol Catat Ada 900 Pengungsi di Pekanbaru
Zulfahmi Adrian

Tirainews.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru mendata setidaknya ada sekitar 900 pengungsi yang saat ini ditampung di Kota Pekanbaru. Para pengungsi ini terdiri dari asal Afganistan, Pakistan, Palestina, Suriah, termasuk Rohingya dari Myanmar.

"Termasuk Rohingya, saat ini ada sekitar 900-an pengungsi di Kota Pekanbaru," ujarnya, Selasa (12/7/2022).

Ia menjelaskan, Kesbangpol Kota Pekanbaru tidak memiliki kewenangan untuk memindahkan mereka ke negara ketiga dimana mereka dapat melanjutkan kehidupan baru. Pasalnya, kebijakan itu ditentukan oleh negara pihak ketiga itu sendiri.

"Mereka ini sementara mengungsi di Pekanbaru sebelum nantinya dipindahkan melalui Unit Nation High Commissioner for Refugees (UNHCR). Untuk kuota pemindahannya itu ada kewenangan pihak negara ketiga tersebut," ujarnya.

Menurutnya, negara-negara ketiga setiap tahunnya memberikan kuota bagi pengungsi, termasuk di Pekanbaru. Namun, kuota itu sangat terbatas dan berubah setiap tahun.

"Misalnya tahun 2018 ada kuota sampai 100 orang, nah tahun 2022 hanya 10 orang. Kita hanya bisa menyesuaikan, begituan ada kuota kita segara melakukan persiapan dan berbagai hal yang harus dilakukan untuk memindahkan mereka," pungkasnya.