Logo Tirainews.com

Mahasiswa Kukerta UNRI Marsawa 2022 Merayakan Hari Anak Nasional di SMPN 5 Sentajo Raya

Mahasiswa Kukerta UNRI Marsawa 2022 Merayakan Hari Anak Nasional di SMPN 5 Sentajo Raya
Mahasiswa Kukerta UNRI Marsawa 2022 Merayakan Hari Anak Nasional di SMPN 5 Sentajo Raya

Tirainews.com - Bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional yang di peringati setiap tanggal 23 Juli, Mahasiswa Kukerta UNRI Marsawa menyelenggarakan beberapa perlombaan di SMPN 5 Sentajo Raya. Perayaan hari Anak Nasional kali ini mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Acara diawali pembukaan oleh panitia penyelenggara, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala Sekolah Indrawati MPd dan perwakilan mahasiswa KUKERTA oleh Sigit Muammar Yusuf.

Acara dilanjutkan dengan beberapa perlombaan. Adapun perlombaan yang dilaksanakan pada kegiatan ini ialah, Ranking Satu, Bola Gelinding, Rantai Sarung dan Masukin Paku dalam Botol berkelompok.

Lomba Ranking Satu merupakan lomba adu ketepatan dalam menjawab pertanyaan. Jumlah pertanyaan yang diberikan tidak menentu antara 20-25 buah soal. Semua peserta saling berkompetisi menjawab semua pertanyaan yang di ajukan dengan bener hingga tersisa satu kontestan.

Estafet sarung atau rantai sarung adalah jenis permainan yang mengungkapkan bagaimana suatu kelompok mampu bekerja sama dalam membuat strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan yang sangat ketat.

Bola Gelinding, konsep permainan ini sama dengan estafet sarung yaitu menguji kekompakan suatu kelompok dengan menggelindingkan bola kebelakang secara bergantian. Permainan ini terdiri dari 3-5 orang per-kelompok. Kelompok yang lebih cepat menyelesaikan permainan ini, kelompok tersebutlah pemenangnya.

Permainan memasukkan paku dalam botol merupakan permainan umum masyarakat indonesia saat memeriahkan acara HUT RI. Namun, konsep permainan kali ini sedikit berbeda, dimana permainan ini dilakukan secara berkelompok dengan setiap kelompok memiliki 1 orang pemandu untuk mengatur anggota kelompok dalam memasukkan paku dalam botol. Permainan ini terdiri dari 4 orang dan 1 pemandu.

 

Melalui kegiatan-kegiatan ini diharapkan para siswa dan siswi SMPN 5 Sentajo Raya bisa meningkatkan jiwa sosial, melatih ketangkasan, meningkatkan kerja sama, dan mengasah pengetahuan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan semangat dan solidaritas sesama siswa-siswi didalam maupun di luar sekolah.