Logo Tirainews.com

Mahasiswa Kukerta Unri Laksanakan Adaptasi Pembelajaran Literasi dan Numerasi

Mahasiswa Kukerta Unri Laksanakan Adaptasi Pembelajaran Literasi dan Numerasi

Tirainews.com - Mahasiswa Kukerta Unri melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam adaptasi pembelajaran literasi dan numerasi di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

Proses pembelajaran merupakan proses yang di dalamnya terdapat kegiatan interaksi antara guru-siswa dan komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar. 

Siswa dalam hal ini melakukan suatu tindakan belajar secara fisik, psikologis, dan sosial untuk mengaktualisasikan potensinya dengan berinteraksi dengan materi atau bahan ajar. Dalam kondisi khusus seperti pandemi Covid-19 saat ini, pembelajaran tatap muka di sekolah  tidak dapat dilaksanakan secara normal seperti biasanya. 

Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran menuntut adaptasi dan relaksasi pembelajaran. Dalam masa darurat, keterbatasan sumber daya dan kendala teknis berimplikasi kepada adaptasi pembelajaran, alternatif terbaik adalah pelaksanaan pembelajaran difokuskan pada literasi dan numerasi. 

Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Universitas Riau tahun 2021 yang diketuai oleh Novran Diko, di bawah DPL Andri Sulistyani SS MSc berinisiatif untuk membantu para anak-anak di Desa Kubang Jaya, khususnya untuk anak yang masih TK hingga SD.

"Dengan kondisi yang mengharuskan anak-anak Desa Kubang Jaya untuk belajar dari rumah ini, maka mahasiswa kukerta Unri memberikan pengajaran tatap muka secara terbatas yang dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di Posko Kukerta Desa Kubang Jaya," kata Novran, Selasa (31/8/2021).

Sebelum memasuki ruang belajar anak-anak diberi masker dan penyemprotan hand sanitizer oleh mahasiswa kukerta Unri. Kegiatan proses pembelajaran ini dapat dilakukan tentu atas izin orang tua anak-anak dan pihak desa, yang mana mahasiswa kukerta terlebih dahulu mengirimkan surat pernyataan memberi izin agar anak-anak dapat mengikuti kegiatan ini yang di tanda tangani oleh orang tua anak-anak.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa kukerta seperti membantu menyelesaikan tugas sekolah, membantu anak-anak belajar membaca, mengaji, menulis, dan berhitung. Selain itu agar anak-anak tidak bosan dengan kegiatan yang monoton fokus belajar di dalam ruangan mahasiswa kukerta mengajak bermain, kemudian di hari yang berbeda mahasiswa melakukan kegiatan pembacaan dongeng di luar ruangan dan juga senam agar tubuh lebih sehat.

Untuk meningkatkan semangat anak-anak dalam mengikuti pembelajaran, maka mahasiswa kukerta memberikan hadiah kepada anak-anak yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh mahasiswa seputar pengetahuan umum. 

“Kami senang adanya kakak dan abang disini yang telah mengajar dan membantu mengerjakan tugas sekolah serta memberi kami hadiah karena menjawab pertanyaan dengan benar,” ucap Ica, salah seorang anak yang mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa kukerta.

Harapan mahasiswa kukerta dengan dilaksanakannya pembelajaran ini, dapat membantu anak-anak Desa Kubang Jaya untuk mendapat edukasi tambahan diluar pelajaran sekolah selama masa pandemi Covid-19. Semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu, sehingga proses pembelajaran disekolah dapat kembali normal seperti sedia kala.