Logo Tirainews.com

Pengabdian Kukerta Balek Kampung UNRI, Sosialisasikan Stunting kepada Warga Desa Lipatkain Utara

Pengabdian Kukerta Balek Kampung UNRI, Sosialisasikan Stunting kepada Warga Desa Lipatkain Utara

Tirainews.com - Mahasiswa Universitas Riau yang tergabung dalam kelompok Kukerta Balik Kampung Desa Lipatkain Utara tahun 2022 melakukan kegiatan sosialisai Stunting kepada warga desa Lipatkain Utara, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Riau. 

Kegiatan yang berlangsung pada Kamis, 4 Agustus 2022 ini bertujuan untuk meningkatkan informasi dan edukasi kepada seluruh warga desa Lipatkain Utara terkhususnya para kader posyandu mengenai penyebab, dampak serta bagaimana cara mencegah Stunting guna memperkecil angka Stunting di Indonesia terkhusus wilayah Kabupaten Kampar Mahasiswa Kukerta yang terlibat  berjumlah 10 orang yang diketuai oleh Raja Bani Firmansyah yang dibimbing oleh Silvia Permatasari, S.Pd., M.Pd. selaku dosen Pembina lapangan dari Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Riau.

M Hidayatullah selaku anggota perwakilan kelompok mengatakan, kelompok Kukerta Desa Lipatkain Utara pada hari ini Kamis, 4 Agustus 2022 melakukan sosialisai kepada seluruh warga desa Lipatkain Utara dengan tema bersama perangi stunting. Sebagai mana menurut WHO stunting adalah gangguan perkembangan pada anak yang disebabkan oleh gizi buruk, infeksi berulang, dan simulasi psikososial yang tidak memadai.

"Saya beserta kelompok kukerta desa Lipatkain Utara berharap semoga setelah dilakukannya sosialisasi stunting ini dapat menginformasikan kepada seluruh warga terkait dari dampak dan pencegahan bahaya stunting," kata Hidayatullah. 

Pada kegiatan ini terdapat dukungan dari beberapa pihak yang menghadiri kegiatan tersebut diantaranya di hadiri oleh seluruh pihak perangkat desa, kelompok PKK, Ibu hamil dan seluruh masyarakat desa Lipatkain Utara.

"Kami dari pihak desa sangat mendukung kegiatan ini yang mana penyuluhan stunting dari program kerja kelompok Kukerta UNRI sejalan dengan program posyandu di desa ini, semoga dengan adanya ini dapat menambah wawasan kader posyandu serta masyarakat agar dapat mencegah dampak stunting," ujar Wijanarko selaku sekretaris desa Lipatkain Utara. 

Weni Paradewi, S. Tr. Keb. selaku Bidan di Desa Lipatkain Utara juga menambahkan bawah sosialisai stunting ini sangat berguna bagi kader posyandu dan juga terkhusus seluruh masyarakat Lipatkain Utara guna mengurangi angka stunting di Indonesia terkhusus di desa kita ini.