Logo Tirainews.com

Patroli Karhutla Tetap Dilakukan di Desa Lubuk Keranji Timur

Patroli Karhutla Tetap Dilakukan di Desa Lubuk Keranji Timur

Tirainews.com - Di tengah pandemi virus Corona, Babinsa Koramil 03/Bunut Kodim 0313/Kpr Serda Feri Agustomi tetap melakukan pemantauan atau patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Lubuk Keranji Timur, Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan.

Bersinergi tim regu pemadam kebakaran (RPK) PT Arara Abadi, Babinsa menelusuri lahan masyarakat dan lahan konsesi perusahaan PT. Arara Abadi yang dianggap rawan kebakaran akibat kultur tanah rawa dan gambut. 

Selain mengecek kerawanan terjadinya kebakaran pada lahan, tim Babinsa juga meninjau embung air sebagai sumber pemadaman. Embong air tidak boleh kering karena berperan penting jika terjadi kebakaran. 

"Sebagian lahan disini berpotensi kebakaran karena merupakan lahan gambut dan rawa. Tim kita juga menemukan sebidang lahan yang sudah disemprot insektisida sehingga rumputnya mengering dan ini rawan terbakar, maka seperti inilah kami antisipasi lebih awal," ujarnya.

"Kita harus selalu patroli, karena lahan dimana rumputnya terlihat kering seperti ini sangat bahaya jika tidak sering dipantau," paparnya.

Ia juga mengatakan akan mencari pemilik lahan untuk diminta tidak membakar guna membersihkan lahannya.

"Besok kita patroli lagi sambil mencari pemilik lahan agar tidak membersihkan lahan dengan membakar," jelasnya.