Logo Tirainews.com

Cegah Karhutla, Babinsa Koramil 09/Langgam Lakukan Patroli dan Sosialisasi

Cegah Karhutla, Babinsa Koramil 09/Langgam Lakukan Patroli dan Sosialisasi

Tirainews.com - Babinsa Koramil 09/ Langgam Kodim 0313/KPR Serda Gunawan Rianto dan Serda Imron melaksanakan kegiatan patroli di wilayah Desa Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Ahad ( 3/5/2020). Patroli ini mengantisipasi terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Serda Gunawan mengatakan, Patroli Karhutla ini merupakan kegiatan yang harus selalu dilakukan oleh Babinsa khususnya yang wilayahnya rawan terjadi kebakaran. Tujuannya untuk mencegah terjadinya peristiwa Karhutla di daerah tersebut.

"Hari ini kita kembali melaksanakan patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Desa Kuala Terusan yang memang daerah tersebut sangat rawan terjadi kebakaran lahan," kata Serda Gunawan.

Jalur patroli ini meliputi perkebunan warga setempat dan semak belukar yang dianggap rawan terjadi Karhutla. Selain patroli juga dilakukan sosialisasi kepada warga yang dijumpai di lapangan. 

Babinsa mengajak warga agar ikut serta berpartisipasi mencegah terjadinya Karhutla. Babinsa juga menekankan agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Serda Imron menambahkan, peran serta warga dalam mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakarann hutan dan lahan sangat penting. "Paling tidak warga dapat memberikan informasi kepada Babinsa apabila terjadi kebakaran, sehingga dapat dilakukan pemadam sedini mungkin sehingga kebakaran tidak sampai mebesar," tambah Serda Imron.