Logo Tirainews.com

Sarapan Sendirian Bisa Turunkan Berat Badan, Kok Bisa?

Sarapan Sendirian Bisa Turunkan Berat Badan, Kok Bisa?
Foto : net

Tirainews.com - Berbagai cara dilakukan sebagian orang untuk menurunkan berat badan. Ada dengan cara olahraga, diet dan memilih makanan yang dikonsumsi. Namun, ternyata ada cara yang terbilang simpel dan mudah untuk mengurangi berat badan yang mungkin tidak pernah terpikirkan, yaitu sarapan atau makan sendirian. Kok bisa ya?

Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang akan cenderung makan lebih banyak saat melakukannya bersama-sama. Dikutip dari Times of India, ini disebabkan karena terpengaruh oleh pilihan makanan dari lingkaran pertemanan, sehingga membuatmu tidak sadar makan lebih banyak dibandingkan saat sendirian.

Dalam studi ini, para peneliti mengevaluasi 42 studi yang pernah dilakukan pada social dining. Mereka menemukan bahwa orang akan makan lebih banyak saat bersama orang yang disayangi, karena mereka menikmati waktu kebersamaannya. Hal ini meningkatkan konsumsi makanannya yang disebut dengan 'social facilitation'.

"Bagaimanapun, 'social facilitation' ini tidak umum terjadi saat makan bersama orang asing. Ini karena orang ingin memberikan kesan positif di depan orang asing dengan mengkonsumsi jumlah makanan yang lebih sedikit," tulis dalam penelitian tersebut.

Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan bagaimana pilihan makanan kita bisa dipengaruhi oleh siapapun yang sedang bersama kita, baik teman maupun keluarga. Tidak hanya mendorong kita untuk memilih makanan yang kurang sehat, tapi bikin porsi yang kita makan juga lebih banyak dari biasanya.