Tim KKN Relawan Covid-19 UR Bagikan Inovasi Dispenser Hand Sanitizer di Tiga Lokasi

Sabtu, 27 Juni 2020 - 15:29:30 WIB

Tirainews.com - Tim KKN Relawan Covid-19 Kecamatan Mandau yang berasal dari Universitas Riau membagikan Dispenser Hand Sanitizer di tiga lokasi di Kecamatan Mandau. Seperti Kantor Kelurahan Duri Barat, Masjid Jabbal Rahmah dan Gereja HKBP Dame. 

Ketua Relawan Muhammad Mahendra mengatakan, pemilihan tiga lokasi ini telah melalui berbagai pertimbangan. Seperti keramaian tempat pasca dikeluarkannya wacana new normal oleh pemerintah, dan memastikan masyarakat mematuhi protocol kesehatan yang ditetapkan WHO agar terlindungi dari kemungkinan adanya virus penyebab Covid-19.

"Dipilihnya pembuatan dan pembagian dispenser hand sanitizer oleh Tim KKN Relawan Kecamatan Mandau telah melalui berbagai petimbangan yang rasional. Pertama, alat ini merupakan inovasi yang unik dan efektif," jelas Mahendra, Sabtu (27/6/2020). 

Alat ini dapat menyemprotkan hand sanitizer tanpa menyentuh bagian manapun dengan tangan. Sebab alat ini hanya berfungsi apabila pegas di bawahnya diinjak. Dengan keterangan tersebut, jelas bahwa alat ini mampu mengurangi kemungkinan satu orang bersentuhan dengan benda yang telah disentuh oleh orang lain. 

Loading...

Padahal, virus penyebab COVID-19 tidak hilang dari permukaan suatu benda dalam waktu yang lama. Kedua, lanjutnya, pembuatan dispenser hand sanitizer oleh Tim KKN Relawan COVID-19 dipilih karena alat dan bahan pembuatannya tergolong mudah dijangkau. 

Hanya dengan pipa, lem, alcohol dan hand sanitizer itu sendiri, Tim KKN Relawan COVID-19 Kecamatan Mandau dapat membuat alat yang inovatif dan berguna bagi masyarakat. Pembuatan ketiga alat tersebut hanya memakan waktu dua hari sebelum akhirnya dapat dihibahkan kepada pihak Kelurahan Duri Barat, masjid dan gereja.

Kemudian yang ketiga, alat ini jarang ditemukan di wilayah Kecamatan Mandau. Kebanyakan orang membuat penyemprot hand sanitizer yang dapat dipindahkan dan diisi ulang (portable) digunakan dengan cara ditekan terlebih dahulu. Padahal, seperti yang telah disebutkan di atas, virus penyebab COVID-19 tidak hilang begitu saja di permukaan suatu benda. Efektivitas pengaplikasian dispenser hand sanitizer terletak pada pegas yang hanya perlu diinjak pelan-pelan agar cairan hand sanitizer.

"Pembagian dispenser hand sanitizer ini merupakan salah satu program kerja dari Tim KKN Relawan Covid-19 Kecamatan Mandau. Hal ini merupakan bentuk pengabdian kami kepada masyarakat yang turut menjadi korban dari kemunculan pandemic COVID-19. Pandemic tersebut telah meluluhlantahkan berbagai aspek vital dalam tatanan masyarakat, seperti ekonomi, sosial-budaya, pendidikan, dan tentunya dalam bidang kesehatan dan meningkatnya korban jiwa. Sebagai agen perubahan dalam masyarakat, mahasiswa tentunya perlu turun ke masyarakat untuk melakukan kegiatan pengabdian," paparnya. 




Baca Juga Topik #Pendidikan+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+