Logo Tirainews.com

Curi Ratusan Sepeda Motor, Dua Pelaku Ditembak

Curi Ratusan Sepeda Motor, Dua Pelaku Ditembak

Tirainews.com - Tim opsnal Polsek Tampan meringkus dua pelaku spesialis pencurian sepeda motor, yakni SY alias Ipul (34) dan EY alias Olzi (38). Kedua pelaku ditembak lantaran melawan saat akan ditangkap petugas. 

"Iya, mereka (pelaku) spesialis pencurian sepeda motor. Berapa banyaknya motor yang mereka ambil sudah lupa, yang jelas pengakuannya sudah mencapai ratusan," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, melalui Kapolsek Tampan Kompol H Ambarita, Rabu (12/8/2020). 

Pelaku telah sering melakukan aksi pencurian dan berhasil menggasak ratusan sepeda motor. Kedua pelaku berhasil ditangkap dirumah mereka masing-masing, yakni di Jalan Taman Karya ujung, Tarai Bangun, Kampar, Senin (3/8/2020) kemarin. 

Pelaku ditangkap atas laporan korbannya, Rido Butar-Butar (33) yang kehilangan sepeda motor saat bekerja di kantor ekspedisi Tam Cargo, Jalan Cipta Karya, Kecamatan Tampan.

Pada, Jumat (31/7) lalu korban bekerja seperti biasanya, ia memarkirkan sepeda motor miliknya jenis Yamaha Bison warna biru dengan plat nomor BM 3696 NB. Namun, keesokan harinya hendak pulang kerja dia sudah tidak melihat lagi sepeda motor yang terparkir dihalaman kantor tersebut. 

"Korban melaporkan kepada kita, kita langsung lakukan penyidikan, hingga kita dapat identitas pelaku. Pelaku terpaksa kami berikan tindakan tegas dan terukur (tembak.red) saat diamankan, karena berusaha melawan petugas," jelasnya. 

Selain mengamankan dua orang pelaku, turut diamankan barang bukti yaitu satu unit sepeda motor yakni Yamah Bison warna biru dan sepeda motor Honda Vario warna Biru BM 3696 NB yang diakui pelaku merupakan barang hasil curian serta alat yang digunakan pelaku saat melakukan aksinya. 

Kemudian juga yakni satu unit sepeda motor honda beat warna silver BM 5696 ZAO ,1 buah kunci Y, 1 buah anak obeng ketok yang ujungnya dipipihkan,1 bilah pisau dan 1 tas sandang warna coklat, dan satu unit sepeda motor Honda Vario warna Biru BM 6775 JC. 

"Dari ratusan motor yang berhasil mereka ambil, Rata-rata dijual seharga Rp2 juta. Mereka sudah ada konsumen tetap," tambah Ambarita. 

Pelaku mengaku selalu melancarkan aksinya di areal Kota Pekanbaru. Namun, Ambarita mengungkapkan pihak nya masih melakukan pengembangan apakah pelaku pernah mencuri diluar Kota Pekanbaru, dan mencari para pelaku lainnya (DPO) dan pembeli sepeda motor yang dijual kedua pelaku. 

Mereka juga diketahui merupakan seorang residivis, dan pelaku mengaku berburu incarannya dengan cara berkeliling di kawasan yang memungkinkan untuk melakukan aksinya dan saat ada kesempatan ia langsung beraksi.