Logo Tirainews.com

Kondisi Kaki Putus, Elang Brontok Diselamatkan Warga Dumai

Kondisi Kaki Putus, Elang Brontok Diselamatkan Warga Dumai

Tirainews.com - Seekor elang brontok (Nisaetus cirrathus) dengan kondisi pada bagian kaki sebelah kiri putus diserahkan warga Dumai ke Balai Besar KSDA Riau.

Berdasarkan laporan warga, Tim Balai Besar KSDA bersama Penggiat Alam Rimbawan Pesisir serta Dokter Hewan melakukan pengecekan terhadap elang brontok tersebut kata Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau Heru Sukmantoro, Senin (2/11/2020).

"Elang tersebut kerap berputar-putar di pemukiman PT Pertamina RU II Dumai untuk mencari makan dan membahayakan anak-anak yang ada di sana," jelasnya.

Kemudian warga berinisiatif untuk menangkap elang brontok tersebut lalu diserahkan ke Pihak Balai Besar KSDA Riau untuk dirawat dan direhabilitasi, Tambahnya. Saat diserahkan, secara fisik elang brontok dalam kondisi sehat namun kaki sebelah kiri putus.

"Kita menduga, elang tersebut terlihat jinak dan kemungkinan sengaja dilepaskan oleh orang-orang tertentu yang melakukan pemeliharaan," ungkapnya.

Heru juga menambahkan, elang brontok berumur lebih kurang setahun dan berkelamin jantan dengan ukuran sayap lebih kurang 2 meter. Dengan kondisi cacat, kemungkinan elang tersebut akan diserahkan ke lembaga Konservasi atau lembaga lainnya.

"Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Satwa dan Tumbuhan, Serta Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2018 semua Jenis Elang masuk kategori satwa dilindungi," jelasnya.