Logo Tirainews.com

Antisipasi Kebakaran Lahan, Polsek Pangkalan Kuras Sebarkan Maklumat

Antisipasi Kebakaran Lahan, Polsek Pangkalan Kuras Sebarkan Maklumat

Tirainews.com - Personel Polsek Pangkalan Kuras bersinergi melaksanakan patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan himbauan Maklumat Kapolda Riau secara rutin di wilayah Kecamatan Pangkalan Kuras, Pelalawan, Selasa (13/4/2021).

Kapolsek Pangkalan Kuras AKBP Ahmad mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh sejumlah personil regu UKL III yang dipimpin oleh Panit I Binmas Iptu Yandri. Dalam pelaksanaan, tim mendatangi sejumlah lokasi yang dianggap rawan terjadinya Karhutla.

“Patroli merupakan salah satu upaya pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Pangkalan Kuras. Apalagi, dalam kurun waktu beberapa hari ini di Kecamatan Pangkalan Kuras minim curah hujan,” ujar AKBP Ahmad.

“Faktor kondisi lahan gambut yang kering di Kecamatan Pangkalan Kuras sangat berpotensi dan mudah terbakar. Oleh karena itu, kita terus melakukan mitigasi dan patroli sebagai upaya pencegahan Karhutla serta tindakan antisipatif saat musim kemarau tiba,” tambahnya.

Dalam giat itu, Kapolsek menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar.

Dia juga meminta masyarakat, apabila menemukan pelaku yang dengan sengaja maupun tidak sengaja membuka lahan dengan cara membakar agar memberitahukan kepada petugas Bhabinkamtibmas.