Logo Tirainews.com

Tim Kukerta Auri Sialang Munggu Bantu Kegiatan Posyandu Latulip

Tim Kukerta Auri Sialang Munggu Bantu Kegiatan Posyandu Latulip

Tirainews.com - Tim Kukerta Auri Sialang Munggu membantu kegiatan Posyandu Latulip. Posyandu merupakan salah satu kegiatan sosial di bidang kesehatan. 

Posyandu dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap tumbuh kembang anak dan kesehatan ibu hamil. Pada hari Kamis (05/8/2021) Tim Kukerta Auri Sialang Munggu mendapat kesempatan untuk ikut membantu kegiatan Posyandu Latulip di wilayah RW 06 Kelurahan Sialang Munggu secara door to door.

Kegiatan ini biasanya digelar rutin dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. “Seharusnya Posyandu dilakukan di Posko Posyandu Latulip yang berada di RT 02. Namun karena saat ini wilayah Pekanbaru masih dalam kondisi PPKM Level 4, maka kegiatan ini dilakukan secara door to door," kata Eka, selaku Kader Posyandu Latulip.

Mengingat pentingnya kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang anak. Maka di masa pandemi saat ini Posyandu tetap dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Seperti
menggunakan masker, cuci tangan dan semprot hand sanitizer.

Kegiatan ini mencakup pendataan ibu hamil, pemberian vitamin A, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan anak. Setelah itu anak-anak tersebut juga akan diberikan sebungkus Roti sebagai bentuk penghargaan atas partisipasi mereka.

Adapun manfaat dari Vitamin A sendiri yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kesehatan mata, dan pertumbuhan anak. "Jika mereka kekurangan Vitamin A, mereka akan rentan terkena penyakit, gangguan mata, dan pertumbuhan juga akan terhambat," jelasnya.

Vitamin A terdiri dari dua kapsul. Ada kapsul biru dan kapsul merah. Kapsul Biru memiliki dosis 100.000 IU yang diberikan untuk bayi usia 6-11 bulan sedangkan Kapsul Merah berdosis 200.000 IU diberikan untuk Balita usia 12-59 bulan.

Ketua Posyandu Latulip Sri Wahyuni mengucapkan berterima kasih kepada Mahasiswa KUKERTA yang sudah berkenan membantu kegiatan rutin posyandu ini.

“Saya senang jika ada Mahasiswa KKN di sini yang ikut membantu dalam kegiatan Posyandu, bisa sedikit meringankan tugas kader, pokoknya saya mengucapakan terima kasih,” ujarnya.

M Rizky Edriansyah selaku ketua Kukerta juga mengucapkan terima kasih kepada pihak posyandu yang telah mengizinkan Tim Kukerta-nya untuk ikut serta dalam membantu kegiatan Posyandu tersebut.