Logo Tirainews.com

Mahasiswa Kukerta UNRI Bantu Masyarakat dalam Festival Pesta Pantai dan Pesta Permainan Rakyat

Mahasiswa Kukerta UNRI Bantu Masyarakat dalam Festival Pesta Pantai dan Pesta Permainan Rakyat
Mahasiswi Kukerta UNRI Bantu Masyarakat dalam Festival Pesta Pantai dan Pesta Permainan Rakyat

Tirainews.com - Mahasiswa Universitas Riau melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Desa Makeruh Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, pada 14 Juli 2022 – 22 Agustus 2022. 

Kukerta di Desa Makeruh ini diketuai oleh Muhammad Najib serta dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan yaitu Yessi SSos MSoc Sc. Kegiatan ini merupakan salah satu program kampus dengan tujuan untuk mengabdi kepada masyarakat serta memberikan kontribusi dan inovasi baru dalam memajukan desa tersebut.

Festival Pesta Pantai dan Pesta Permainan Rakyat yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun di Desa Makeruh merupakan salah satu upaya serius dari pemerintah Kecamatan Rupat dan Pemerintah Desa Makeruh dalam mengenalkan dan mengembangkan wisata pantai tersebut.

Masyarakat di luar Pulau Rupat pada umumnya hanya mengetahui bahwa pariwisata adanya hanya di Kecamatan Rupat Utara, misalnya Pantai Lapin, Teluk Rhu dan lain sebagainya. Sementara di Kecamatan Rupat sendiri menyimpan banyak potensi wisata yang tak kalah indahnya, seperti pantai Ketapang, dan pantai di Desa Makeruh ini.

Mahasiswa KKN Universitas Riau membantu masyarakat dalam pelaksanaan festival pantai Makeruh dengan membantu berbagai persiapan sebelum pembukaan hingga membantu panitia dalam berbagai perlombaan dan permainan rakyat.

Festival pesta pantai ini digelar selama tiga hari yakni mulai dari tanggal 21 s/d 23 agustus 2022, berbagai pertandingan dan permainan rakyat akan diperlombakan di antaranya lomba jong layo, masak kuliner seafood, senam, tapak kuda, bakiak, tarik tambang, kaki anggau dan galah panjang, dimana pertandingan ini di ikut sertai oleh peserta dari desa-desa lain sekecamatan rupat. Warga tempatan maupun dari luar tampak sangat antusias menyaksikan berbagai perlombaan yang di gelar.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) datok Seri H. Raja Marjohan Yusuf, Dewan Kehormatan Adat (DKA) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), H. Wan Abu Bakar, Ketua MKA LAMR Propinsi Datuk H. Nadjib Effendy, Rombongan LAMR Prov. Riau, Tokoh Masyarakat Rupat Said Amir Hamzah, Forkopimcam, Kepala Desa Makeruh Dedy Sumantri dan Kepala Desa se-kecamatan Rupat serta seluruh para tamu undangan.

Festival pesta pantai ini bertujuan agar dapat memberi penghasilan bagi masyarakat tempatan terutama disegi ekonomi masyarakat dan perlu dilestarikan serta didukung oleh semua pihak. 

Kegiatan ini memiliki dampak positif yakni sebagai ajang promosi pariwisata untuk menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mereka dapat berkunjung di pantai wisata desa makeruh.