Logo Tirainews.com

Mahasiswa Kukerta Unri Bagikan Bibit Pohon Gratis di Desa Tarai Bangun

Mahasiswa Kukerta Unri Bagikan Bibit Pohon Gratis di Desa Tarai Bangun

Tirainews.com - Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Universitas Riau (Unri) 2021 melaksanakan program unggulan yaitu pembagian bibit pohon gratis di lingkungan sekitar RT 002/ RW 002 Desa Tarai Bangun, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau.

Program yang dilakukan oleh mahasiswa kukerta semester IV itu yakni terkait Membangun Desa Berbasis Desa Wisata dengan melakukan penghijauan di sekitar lokasi kukerta melalui pemberian bibit pohon gratis ke setiap rumah.

Setiap tahun BPDASHL Pekanbaru memproduksi bibit untuk dibagikan gratis ke semua masyarakat, aktivis pegiat lingkungan, mahasiswa, sekolah, dan sebagainya. Ini termasuk kampanye KLHK untuk membuka kesadaran semua pihak melalui penanaman. 

Berdasarkan Survei yang telah di lakukan pada lokasi pembagian, bibit pohon kelengkeng merupakan pilihan yang tepat di karenakan buah yang di hasilkan oleh pohon kelengkeng tersebut dapat menjadi cikal bakal sumber pendapatan masyarakat sekitar.

Ses Renes Kennes selaku Ketua Perumahan setempat mengatakan bahwa lokasi pembagian bibit tersebut merupakan perumahan yang baru di dirikan ± 2 tahun. Sehingga lokasi masih sangat minim pepohonan hijau. 

Untuk mengatasi kegersangan itu, Tim Kukerta Tarai Bangun turut andil dalam penghijauan lokasi dengan kegiatan pembagian bibit pohon gratis.

Mahasiswa mendapatkan bibit pohon gratis di SMK Kehutanan Pekanbaru yang berlokasi Jalan Suka Karya. Adapun syarat pengambilan bibit gratis pihak SMK Kehutanan mengatakan membawa KTP, surat resmi, ada lokasi calon penanaman, dan yang jelas tidak boleh di jual.

“Menurut saya pemberian bibit ini merupakan suatu langkah baru dalam penghijauan kawasan permukiman RT 002 RW 002 di Desa Tarai Bangun ini. Selain dalam rangka penghijauan, pemberian bibit ini juga bisa menjadi cikal bakal sumber pendapatan masyarakat,” ujar Fariz 
Maulana, Ketua Kelompok Kukerta Desa Tarai Bangun RT 002 RW 002.

Diharapkan dengan adanya pemberian bibit pohon gratis kepada masyarakat sekitar mampu menghijaukan lingkungan dan buah yang dihasilkan pohon tersebut mampu meningkatkan pendapatan masyarakat tersebut.