Logo Tirainews.com

Mahasiswa Kukerta Unri Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Menjadi Apotek Hidup

Mahasiswa Kukerta Unri Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Menjadi Apotek Hidup

Tirainews.com - Banyak tanaman yang bermanfaat untuk penyembuhan dan pengobatan. Kemampuan menyembuhkan dan efek positif dari beberapa tanaman sebagai obat telah lama diketahui jauh sebelum para ilmuwan menemukan berbagai obat-obatan dengan bahan kimia. 

Untuk itu, mahasiswa Kukerta Unri mengajak warga di Kelurahan Labuhbaru Timur untuk menanam tanaman apotek hidup di pekarangan rumah.

Apotek hidup merupakan taman atau kebun yang berisi tanaman obat-obatan untuk digunakan sebagai keperluan sehari-hari. Tanaman apotek hidup yang ditanam seperti jahe merah, sirih, sirih merah, sirih hjau lidah buaya, sambiloto, kumis kucing, sereh, bawang dayak, dan masih banyak lagi. 

“Tujuan dari kegiatan ini selain sebagai salah satu kegiatan positif yang dapat dilakukan selama pandemi Covid-19 juga mengajak masyarakat untuk sadar dan tertarik untuk menanam tanaman apotek hidup di pekarangan rumah," tutur Rizki Pratama sebagai Ketua Kukerta Unri, Rabu (18/8/2021).

Selain meningkatkan pengetahuan terhadap masyarakat tentang pemanfaatan lahan pekarangan rumah yang kosong untuk menanam tanaman obat, kegiatan ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memiliki tanaman apotek hidup yang dapat digunakan untuk obat tradisional.

Memiliki taman apotek hidup di perkarangan rumah akan memberikan banyak manfaat karena dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Diketahui, obat tradisional umumnya lebih aman karena bersifat alami dan memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat-obat buatan pabrik. 

"Jika di dalam pekarangan tersedia tanaman obat yang dapat digunakan dan apabila salah satu anggota keluarga sedang sakit. maka kita tinggal mengambilnya kapan saja, bahkan malam hari sekalipun," kata dia.

Sehingga tidak perlu mengeluarkan uang dan terjamin kesegarannya karena langsung dipetik dari tanamannya. Apalagi di masa pandemi seperti ini, tanaman apotek hidup sangat bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih pada mahasiswa Kukerta Unri yang telah berinisiatif untuk membuat apotek hidup di lingkungan warga sehingga harapannya ini membuat warga semakin tertarik untuk menanam apotek hidup di masing-masing pekarangan rumahnya,” imbuh Edrizal selaku Ketua RT 001.