Logo Tirainews.com

Mahasiswa Kukerta Integrasi Unri Kembangkan Toga di Kelurahan Sri Meranti

Mahasiswa Kukerta Integrasi Unri Kembangkan Toga di Kelurahan Sri Meranti

Tirainews.com - Mahasiswa Universitas Riau yang telah menjalani kuliah kerja Nyata (Kukerta) berupaya mengembangkan budidaya Taman Obat Keluarga (Toga) di Kelurahan Sri Meranti. Tim Kukerta yang beranggotakan 10 orang dengan dosen pembimbing lapangan yaitu Rahmat Azhari Kemal MSi, mengupayakan berbagai cara untuk membudidayakan TOGA di Kelurahan Sri Meranti. 

Hal ini sesuai dengan Toga terutama di masa pandemi untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh. Tim Kukerta Integrasi Unri menyelenggarakan sosialisasi pemanfaatan Toga, Sabtu (19/08/2021). 

Sosialisasi ini disampaikan oleh tim pengabdian kepada masyarakat dari Fakultas Kedokteran Unri, yaitu Rahmat Azhari Kemal MSi, dr Arfianti PhD, dr Bayu Fajar Pratama dan dr Ulfah MSc. 

Sosialisasi tersebut dilakukan secara hybrid dimana pemateri diundang melalui Zoom Meeting sedangkan warga sekitar mengikuti sosialisasi dari GOR dengan mematuhi protokol kesehatan. Kemudian dilakukan juga diskusi tanya jawab antara dokter dan warga sekitar. 

Melalui sosialisasi ini diharapkan warga mendapatkan ilmu lebih banyak mengenai manfaat dari tanaman Toga dan juga cara yang baik dan benar dalam penggunaannya. Setelah sosialisasi, warga beserta tim Kukerta melakukan penanaman bibit Toga di lahan lapangan RW 12 Kelurahan Sri Meranti. 

Sebagian bibit yang telah disediakan oleh tim Kukerta juga dibagikan ke warga sekitar untuk dapat ditanam di pekarangan masing-masing. Bukan hanya kepada orang dewasa, mahasiswa Kukerta Integrasi Universitas Riau  juga mengenalkan berbagai jenis tanaman TOGA kepada anak-anak di RW 1, 6, dan 12 Kelurahan Sri Meranti pada melalui program literasi perkenalan Toga sejak dini. 

Kegiatan ini berupa penyampaian materi mengenai jenis tanaman Toga kepada anak-anak serta lomba mewarnai beberapa jenis tanaman Toga. Melalui kegiatan literasi ini diharapkan anak-anak mengetahui manfaat dari beberapa jenis tanaman yang akan dibudidayakan untuk Toga.

"Program kerja Toga kami sangat ditunggu oleh masyarakat setempat. Kami berusaha sebaik mungkin menyediakan bibit unggul yang akan ditanam pada lahan masyarakat nantinya serta akan dibagikan kepada masyarakat," kata Arya Marganda, Ketua Tim Kukerta Integrasi FK Unri di Kelurahan Sri Meranti 2021. 

Kemudian, untuk memastikan masyarakat paham, Tim Kukerta juga membuat video edukasi mengenai Toga baik dari pengenalan Toga dan juga penanaman Toga beserta pengolahannya agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. 

"Program kerja ini berjalan dengan baik, diharapkan dengan adanya program ini dapat menumbuhkan minat dalam menanam Toga serta memperoleh manfaatnya di kemudian hari," jelasnya.

Rahmat Azhari Kemal MSi, selaku Ketua Tim Pengabdian FK Unri dan dosen pembimbing lapangan Kukerta Integrasi Unri, juga menyampaikan harapannya agar tanaman Toga yang sudah ditanam dapat dirawat dan dimanfaatkan secara berkelanjutan oleh warga Kelurahan Sri Meranti.