Logo Tirainews.com

Mahasiswa Balek Kampung Universitas Riau 2021 Buat Taman Toga di Kelurahan Rumbai Bukit

Mahasiswa Balek Kampung Universitas Riau 2021 Buat Taman Toga di Kelurahan Rumbai Bukit

Tirainews.com - Mahasiswa KKN Balek Kampung Universitas Riau mengadakan kegiatan pembuatan toga (tanaman obat keluarga) pada tanggal 09/08/2021 yang dilaksanakan di Kelurahan Rumbai Bukit, Kecamatan Rumbai Barat, Kota Pekanbaru. 

Kegiatan tersebut bertempat di posyandu RT 2 RW 2 dengan menerapkan protocol Kesehatan yang ketat. Pembuatan tanaman obat keluarga ini pun mendapat dukungan dari lapisan masyarakat terutama lurah, PKK, dan masyarakat Rumbai Bukit. 

Tanaman toga ini sudah dipersiapkan oleh mahasiswa KKN Balek Kampung Universitas Riau Kelurahan Rumbai Bukit jauh sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan. Bibit tanaman seperti jahe, temulawak, kencur, kunyit dan sebagainya telah dipersiapkan di posko KKN yang setiap harinya dirawat dengan baik. 

Tanaman tersebut dipilih karena memiliki manfaat untuk membantu menjaga system kekebalan tubuh dan mengandung antioksidan yang tinggi dalam mencegah terjadinya radikal bebas.

Selain kegiatan penanaman toga, mahasiswa KKN Balek Kampung Universitas Riau Kelurahan Rumbai Bukit juga membuat tempat cuci tangan dan tempat sampah yang akan ditempatkan di Posyandu RT 2 RW 2 dengan tujuan agar masyarakat selalu menerapkan pola hidup sehat dan bersih di tengah pandemi covid-19.

Secara umum kegiatan yang telah direncanakan tersebut berjalan baik dan lancar, dimulai dari mencari tanaman obat keluarga, mencari pupuk pada masyarakat sekitar hingga pemindahan tanaman ke wadah yang telah disediakan. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat kelurahan rumbai bukit.

“Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat kelurahan rumbai bukit yang telah mendukung kami menyukseskan kegiatan ini, kami berharap tanaman-tanaman ini dapat bermanfaat sebanyak-banyaknya untuk masyarakat kelurahan Rumbai Bukit,” ujar M Habib Maulana selaku Ketua KKN Balek Kampung Universitas Riau Kelurahan Rumbai Bukit 2021.