Logo Tirainews.com

Kirim WhatsApp Bisa Tanpa Internet dan Kuota, Begini Caranya

Kirim WhatsApp Bisa Tanpa Internet dan Kuota, Begini Caranya
ilustrasi (net)

Tirainews.com - Salah satu aplikasi yang banyak digunakan di dunia adalah WhatsApp. Tidak terkecuali para pelajar ataupun mahasiswa yang menggunakannya untuk pembelajaran jarak jauh atau PJJ.

 menjadi salah satu aplikasi paling populer dan sering digunakan di dunia. Tak terkecuali bagi siswa sekolah atau mahasiswa yang menggunakannya untuk berkomunikasi dan melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Jika sebelumnya aplikasi ini hanya bisa digunakan jika smartphone atau komputer terhubung dengan internet, ke depan mengirim WhatsApp bisa dilakukan meski HP tidak terhubung internet. 

Fitur Baru WhatsApp

WhatsApp telah mengeluarkan fitur Multi-device versi beta yang memungkinkan pengguna bisa mengirim WhatsApp di gadget atau laptop meski smartphone tidak terkoneksi dengan internet atau kuota internet habis.

Fitur ini sudah masuk dalam tahap uji coba beta versi terbuka. Untuk saat ini, hanya mereka yang daftar yang bisa menggunakan fitur ini. Dengan fitur Multi-device ini pengguna bisa mendaftarkan 4 perangkat non ponsel (gadget atau laptop) untuk menjalankan WhatsApp.

"Dengan kemampuan baru ini Anda sekarang bisa menggunakan WhatsApp di ponsel dan hingga 4 perangkat non ponsel lain secara bersamaan, bahkan jika baterai ponsel mati," kata laman Engineering Facebook seperti dikutip detikEdu, Sabtu (23/10/2021).

Syarat Mencoba fitur Multi-device

Merangkum laman FAQ, untuk mencoba fitur ini WhatsApp menyatakan syaratnya adalah menggunakan program beta.

Artinya pengguna yang bisa mencoba adalah yang menggunakan aplikasi WhatsApp dan WhatsApp business Beta baik dari Android dan iPhone. Selain itu, agar bisa menggunakannya, pastikan juga WhatsApp berada dalam versi terbaru.

Baca Juga : Pernah Gunakan Trik WhasApp Ini? Yuk Coba

Setelah bergabung dengan Multi-device beta, pengguna harus menautkan perangkat pendamping. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Bagi pengguna Android

cara untuk bergabung dengan program beta adalah:

- buka aplikasi lalu tekan menu Opsi atau ikon tiga titik

- klik menu Perangkat tertaut atau 'Linked Devices'

- tekan Beta Multi perangkat (Multi-device beta)

- pilih 'join now'.

Apabila ingin keluar, ulang cara di atas hingga Beta Multi perangkat, dan lanjutkan dengan klik Keluar dari Beta.

2. Bagi pengguna iOS

Caranya:

- buka pengaturan dan klik Perangkat Tertaut (Linked Devices)

- klik Beta multi perangkat atau Multi-device beta.

- lalu masuk Gabung ke Beta.

Untuk keluar dari WhatsApp Beta, lakukan dengan ulang cara di atas dan setelah berada di Beta Multi-perangkat tekan klik Keluar dari Beta.

Sementara itu, terkait keamanan dan privasi, Facebook menegaskan pihaknya tetap memastikan lewat end-to-end encryption yang telah digunakan platform sebelumnya.

Dengan end-to-end encryption, Facebook akan mengelola sinkronisasi data pengguna seperti nama kontak, arsip obrolan, pesan berbintang dan masih banyak lagi di seluruh perangkat.

Bagaimana detikers? Tertarik untuk coba mengirim WhatsApp tanpa internet atau kuota?