Logo Tirainews.com

Tahun Baru Imlek Tinggal Hitungan Hari, Begini Persiapan Vihara di Pekanbaru

Tahun Baru Imlek Tinggal Hitungan Hari, Begini Persiapan Vihara di Pekanbaru
Persiapan menyambut Tahun Baru Imlek di Pekanbaru | Foto/Wahyudi

Tirainews.com - Sejumlah persiapan menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2573 terus dilakukan pengurus Kelenteng atau Vihara. Seperti yang terlihat di Vihara Pusdiklat Bumi Suci Maitreya di Jalan Riau Ujung, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Ahad (23/01/2022).

Sejak beberapa hari lalu Vihara mulai melakukan pembersihan dan persiapan untuk menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2573, 1 Februari mendatang.

Wakil Sekretaris Mapanbumi Riau Dharmaji Chowmas mengatakan, Kegiatan menjelang Tahun Baru Imlek ini yaitu membersihkan semua areal Vihara dan juga membersihkan Budha Rupang serta memasang lampion.

"Nantinya kita juga akan menyiapkan photo booth untuk pengunjung saat perayaan Tahun Baru Imlek di Vihara Pusdiklat Bumi Suci Maitreya ini," kata Dharmaji.

Dharmaji menjelaskan, kegiatan bersih-bersih ini dilakukan setahun sekali. Jadi pihaknya membersihkan sampah-sampah yang ada dan membuang semua yang tidak berguna sebagai langkah dalam menyambut Tahun Baru Imlek.

"Ini merupakan suatu simbol, baik itu kebersihan lingkungan dan juga kebersihan Rohani kita. Sehingga menyambut Tahun Baru Imlek ini kita tidak terbebani lagi oleh sampah-sampah masalalu," ucapnya.

Sebelum pandemi Covid-19, perayaan Tahun Baru Imlek biasanya digelar acara makan bersama satu keluarga atau disebut tuan nian fan yang jumlahnya itu bisa mencapai ribuan. Jadi, di masa pandemi Covid-19 ini pihaknya membatasi semua dan tidak memberikan acara khusus, selain itu juga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Untuk kegiatan ibadah kita tetap namun jika pengunjungnya ramai akan dibatasi. Kita menghimbau juga kepada masyarakat jika tidak mendesak sekali sebaiknya beribadah dirumah saja," tutupnya.