Logo Tirainews.com

Jelang Tahun Baru Imlek, Kelompok Barongsai Naga Emas Berlatih Atraksi Liong

Jelang Tahun Baru Imlek, Kelompok Barongsai Naga Emas Berlatih Atraksi Liong
Kelompok barongsai Naga Emas berlatih atraksi liong jelang perayaan Tahun Baru Imlek 2574 di halaman Vihara Surya Dharma Jalan Angkasa, kota Pekanbaru, Riau. | Foto : Nawir

Tirainews.com - Jelang perayaan Tahun Baru Imlek, kelompok barongsai Naga Emas berlatih atraksi liong di halaman Vihara Surya Dharma Jalan Angkasa, Pekanbaru, Riau, Jumat (13/01/2023) malam. Para pemain terdiri dari remaja hingga dewasa terlihat mematangkan pergerakan dan kerja sama antar pemain.

Pembina kelompok Barongsai Naga Emas Suyandi mengatakan, untuk latihan, saat ini fokus mematangkan pergerakan. "Agar bisa tampil maksimal, kita pun jauh-jauh hari sebelumnya, melaksanakan latihan tiga kali dalam seminggu," ucap Suyandi. 

Karena, lanjut dia, setelah PPKM dibuka kelompoknya sudah aktif latihan. Jadi untuk persiapan Imlek ini tinggal mematangkan pergerakan saja.

"Secara fisik dan mental anggota kita sudah siap, karena itu sudah kita siapkan dari awal," ujarnya.

Pada perayaan Imlek tahun ini kelompok barongsai Naga Emas diundang untuk mengisi penampilan atraksi barongsai dan liong di berbagai tempat. Baik itu dalam kota maupun di luar kota Pekanbaru, tambahnya.

Kelompok barongsai di Vihara Surya Dharma ini berdiri pada tahun 1999 dan merupakan kelompok barongsai pertama di Kota Pekanbaru.

"Saat ini jumlah anggota sekitar 32 orang dari berbagai suku. Tidak hanya dari suku Tionghoa, bahkan ada juga anggota kita dari suku Batak dan Nias," terangnya.

Selain itu, jumlah barongsai saat ini ada sekitar 12 dan untuk liong ada 2. "Harapan saya untuk imlek tahun ini, semua berjalan dengan lancar dan diberi kesehatan serta umur yang panjang dan saling silaturahmi," harapnya.