Logo Tirainews.com

Perbanyak Pakan Gajah Liar, BBKSDA dan PT HK Tanam Ratusan Pohon Pisang di Tol Permai

Perbanyak Pakan Gajah Liar, BBKSDA dan PT HK Tanam Ratusan Pohon Pisang di Tol Permai
Perbanyak Pakan Gajah Liar, BBKSDA dan PT HK Tanam Ratusan Pohon Pisang di Tol Permai

Tirainews.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau bersama PT Hutama Karya dan PT Citra Persada Infrastruktur KSO HKA menanam ratusan pohon pisang di underpass gajah Tol Pekanbaru-Dumai. Penanaman dilakukan di underpass KM 72 tepatnya di dekat lokasi Gajah Sumatera liar yang bernama Codet itu sempat viral saat melintasi Tol Pekanbaru-Dumai kemarin.

Penanaman pohon dilakukan Balai Besar KSDA Riau di KM 61-74 Tol Pekanbaru-Dumai. Jalur sepanjang 4 KM itu diketahui sebagai wilayah perlintasan gajah liar dari kantong gajah di Balai Raja dan Giam Siak Kecil.

"Hari ini kami dan pihak pengelola Tol Permai menanam 600 bibit pisang di Jalur underpass untuk memperbanyak pakan gajah, selain itu kita juga menanam tanaman jeruk disepanjang pinggir tol radius 4 KM kanan dan kiri underpass untuk menghindari mendekatnya gajah liar ke posisi tol," kata Plt Kepala BBKSDA Riau Fifin Afriana Jogasara, Senin (21/2/2022).

Ini merupakan tindaklanjut BBKSDA Riau dan pihak pengelola Tol Pekanbaru-Dumai untuk mengantisipasi menyeberangnnya kembali gajah sumatera liar ke dalam Tol Permai. Tol permai membelah jalur perlintasan gajah sepanjang 4 KM. Ada terdapat lima underpass yang dapat dilalui.

"Namun dalam kenyataannya gajah liar adalah satwa yang bergerak menurut instingnya sehingga terkadang gajah berjalan tidak melalui underpass yang telah dibuat," jelasnya.

Maka dari itu, BBKSDA dan pihak pengelola tol Permai segara melakukan antisipasi dengan cara pengkayaan pakan di jalur jelajahnya, menanam tanaman yang tidak disukainya di jalur yang tidak seharusnya dilalui gajah serta membuat kubang garam dititik-titik underpass dan pemasangan GPS Collar pada gajah liar.

"Bahkan nantinya kita akan memberikan pelatihan kepada pengelola Tol Permai dan masyarakat sekitar untuk menangani kalau ada gajah melintas," katanya.

Balai Besar KSDA Riau juga akan membahas tindaklanjut dan langkah-langkah serta program bersama dengan pengelola jalan tol dalam mengantisipasi agar gajah liar tidak masuk kembali ke Tol Permai.