Logo Tirainews.com

Tim Pengabdian UNRI bersama KUKERTA Integrasi 2022 Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat

Tim Pengabdian UNRI bersama KUKERTA Integrasi 2022 Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat
Mahasiswa UNRI Laksanakan Pengabdian kepada Masyarakat Desa Muara Langsat

Tirainews.com - Tim Pengabdian Masyarakat UNRI bersama Kukerta Integrasi Abdimas 2022 Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan melakukan Pelatihan Perikanan. Kegiatan ini mengangkat tema "Penerapan Teknologi Budidaya Ikan Nila Pada Bak Plastik Central Drain dengan Pemberian Probiotik dan Pakan yang Ditambahkan Rabal di Desa Muara Langsat".

Tim pengabdian kepada masyarakat yang diketuai Oleh Prof. Dr. Ir. Usman Tang, MS, dengan anggota Dr. Pareng Rengi, S.Pi, M.Sc dan Heri Masjudi, S.Pi, M.Si, beserta mahasiswa Kukerta Abdimas Desa Muara Langsat melakukan pengabdian, berupa penerapan Teknologi Budidaya Ikan Nila (Oreochromis niloticus) pada bak plastik Central Drain dengan Pemberian Probiotik (BIOFLOK) dan Pakan yang Ditambahkan Rabal.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Desa Muara Langsat, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau pada bulan Juli sampai September 2022. Peserta kegiatan pengabdian ini merupakan anggota kelompok perikanan Maju Bareng yang ada di desa Muara Langsat. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan materi pelatihan dengan metode ceramah dan juga praktek langsung. 

Dalam sambutannya, Kepala Desa Muara Langsat Dwiyono satriyanto, Amd.Kep, mewakili masyarakat binaan menyampaikan, bahwa pemerintah desa dan masyarakat  kelompok pembudidaya ikan Desa Muara Langsat menyambut baik program yang diterapkan oleh tim pengabdian. Harapannya, kegiatan yang dilakukan ini menjadi salah satu program yang dapat mendongkrak sistem ketahanan pangan desa Muara Langsat.

Dalam sambutannya, Kepala Desa juga menyampaikan bahwa kedepannya, pemerintahan desa siap mendukung untuk keberlanjutan program budidaya ikan sistem Probiotik tersebut. Mereka juga berharap, Desa Muara Langsat bisa menjadi desa mandiri pangan dan menjadi desa yang produktif menghasilkan ikan Nila sebagai ikan konsumsi.

Ketua tim pengabdian Prof. Dr. Ir. Usman Tang, MS menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dimana para dosen melakukan riset dan pengajaran di Kampus yang kemudian hasil riset dan pengajaran tersebut diaplikasikan di tengah masyarakat.

Selain itu, Ketua kelompok Kukerta Integrasi Abdimas UNRI 2022 Khairul Romadhoni menyampaikan budidaya ikan Nila dengan sistem penambahan Probiotik (BIOFLOK)  ini tak hanya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan protein, akan tetapi dapat membantu meningkatkan ketahanan pangan di kala pasca pandemi.Terlebih, dengan budidaya mandiri mampu menjamin kesehatan pangan yang didapatkan.

Ketua tim pengabdian juga menjelaskan bahwa penerapan teknologi budidaya sistem bioflok ini memiliki keunggulan, yaitu tidak perlu lahan yang luas, masa pemeliharaan yang singkat dan padat tebar ikan yang tinggi.

Para peserta diberikan penjelasan materi tentang budidaya(bioflok) ikan dengan penambahan Probiotik dan pembuatan Rabal . Dalam proses penyampaian materi ini, peserta tampak antusias dalam memahami materi yang diberikan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi yang dilakukan oleh peserta dengan pemateri Heri Masjudi, S.Pi M.Si dari tim pengabdian.

Pelaksanaan praktek langsung budidaya ikan Nila dengan sistem bioflok dan pakan rabal dilakukan di lokasi salah satu anggota kelompok perikanan Maju Bareng diikuti oleh semua peserta pengabdian dan Mahasiswa Kukerta Abdimas Desa Muara Langsat. Kegiatan praktik ini dimulai dengan persiapan tempat budidaya.

Para peserta diajarkan bagaimana teknik pembuatan kolam atau bak terpal untuk budidaya ikan Nila dengan sistem bioflok dan pembuatan pakan rabal. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan media atau persiapan air dan penambahan Probiotik untuk budidaya ikan Nila serta pembuatan fermentasi rabal. Dalam hal ini, para peserta diperkenalkan dengan semua bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan media budidaya ikan Nila dengan sistem bioflok dan pakan rabal.

Peserta mengikuti kegiatan dengan serius dan ikut serta secara langsung dalam pelaksanaannya. Selain itu, para peserta juga diberikan penjelasan tentang peningkatan nutrisi pakan dengan penambahan probiotik serta diberikan kesempatan untuk praktik langsung.

Hingga berita ini diterbitkan, tim pengabdian dan peserta telah melakukan penebaran benih ikan, dan saat ini sedang dilakukan pemeliharaan ikan.

“Harapan kita, nantinya ikan yang dipelihara dengan penambahan Probiotik (BIOFLOK) dalam bak plastik  ini panen dengan hasil yang baik dan menjadi percontohan bagi peserta serta dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat Desa Muara Langsat,” kata Ketua Tim.