Logo Tirainews.com

Mahasiswa Kukerta UNRI 2022 Sosialisasikan Persiapan Karir di SMAN 1 Tapung Hilir

Mahasiswa Kukerta UNRI 2022 Sosialisasikan Persiapan Karir di SMAN 1 Tapung Hilir
Jawab Keluhan Siswa, Mahasiswa Kukerta UNRI 2022 Sosialisasikan Persiapan Karir di SMAN 1 Tapung Hilir

Tirainews.com - Mendapat banyaknya keluhan mengenai bingungnya siswa kelas 12 untuk memilih karir setelah SMA, mahasiswa Kukerta UNRI 2022 mengadakan sosialisasi di SMA Negeri 1 Tapung Hilir dengan tema ‘Mau Kemana Setelah SMA’ Rabu (27/07/2022) pukul 08.00 WIB. 

Tim Kukerta sendiri beranggotakan 10 orang dengan fakultas dan jurusan yang berbeda. Diketuai oleh  Recky Jedianta Riady dari Fakultas Teknik. Anggota lainnya terdiri dari Abdul Hafidz, Alif Setya Ningsih, Dina Oktavia, Elsya Nur Kamila, Helmalia Gustina, Maimunah, Nur Anisyah, Nurul Afiah dan Voni Oktaviani.

Recky Jedianta Riady sebagai ketua kelompok kukerta ini menyatakan bahwa tujuan dilakukannya sosialisasi ini untuk meningkatkan pengetahuan kepada peserta didik kelas 12 SMAN 1 Tapung Hilir mengenai persiapan apa saja yang harus mereka siapkan sebelum nantinya mereka lulus dari SMA. 

Tak hanya itu, sosialisasi yang di laksanakan oleh tim kukerta dibimbing oleh Dosen Pendamping Lapangan Bapak Rahmat Azhari Kemal, M.Si ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa percaya diri kepada peserta didik bahwa semua orang mempunyai kesempatan yang sama dalam berbagai bidang. 

Maka dari itu, peserta didik harus mengetahui terlebih dahulu tujuan yang akan mereka ambil seperti melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,  bekerja, ataupun menikah. Sehingga peserta didik juga tau resiko yang akan mereka hadapi apabila memilih tujuan yang mereka ambil. 

"Banyak pertanyaan serta keluhan yang kami terima dari peserta didik, seperti kebingungan mengambil jurusan yang sesuai, biaya pendidikan yang mahal, tidak adanya dukungan dari keluarga, hingga tips dan trik lolos perguruan tinggi negeri,” ujar Recky selaku ketua dan pembicara kegiatan sosialisasi ini. 

Sosialisasi berlangsung selama kurang lebih 1 jam dan dilanjutkan dengan tanya jawab serta keluh kesah yang mereka hadapi. 

"Pertanyaan dan keluhan yang kita kumpulkan kurang lebih ada 40an pertanyaan, maka dari itu kami mencoba menjawab pertanyaan langsung serta via media sosial dan website kukerta kami," ujar Dina Oktavia sebagai notulen dalam sosialisasi ini. 

Srijono selaku Pembina OSIS SMAN 1 Tapung Hilir mengucapkan terimakasih kepada Tim KUKERTA UNRI yang telah menyampaikan sosialisasi persiapan karir setelah SMA. 

"Kami berterimakasih kepada adik-adik kukerta UNRI, yang telah menyampaikan sosialisasi ini. Di SMAN 1 Tapung Hilir ini sudah banyak juga mereka yang lolos di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tetapi, mengenai keluhan-keluhan dari peserta didik, kami biasanya tidak pernah mendapatkan respon se antusias acara sosialisasi ini. Maka dari itu, sekali lagi kami ucapkan terimakasih,”ujar Srijono.

Dalam kegiatan sosialisasi "Persiapan Karir setelah SMA" di aula SMAN 1 Tapung Hilir ini di akhiri dengan sesi photo bersama dengan peserta didik kelas 12 dan perwakilan guru SMAN 1 Tapung Hilir.