Logo Tirainews.com

Nyaris Mangsa Kambing, Ular Piton Sepanjang 8 Meter Ditangkap

Nyaris Mangsa Kambing, Ular Piton Sepanjang 8 Meter Ditangkap

Tirainews.com - Warga bersama komunitas pencinta reptil berhasil menangkap dan mengevakuasi seekor ular piton di kebun sawit masyarakat Desa Lubuk Mas, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Riau pada 1 Januari 2023 lalu.  Ular dengan panjang 8 meter dan berat 200 kg itu ditangkap saat hendak memangsa kambing ternak warga.

Pencinta Reptile Amar PD mengatakan, awalnya mendapat laporan dari seorang warga dan kemudian kami meluncur ke lokasi untuk membantu menangkap ular tersebut, Jumat (6/01/2023).

"Awalnya warga mendengar suara kambing ternaknya, saat itu kambing ternak sudah dililit dan bagian kepala sudah ditelan ular python," kata Amar. 

Karena banyak warga yang datang dan menganggu satwa tersebut, kambing ternak itu dilepas dan ular piton kabur masuk ke dalam kanal yang lebarnya 2 meter yang berada di dekat kandang kambing milik warga.

"Proses evakuasi memakan waktu 1 jam. Saat itu ular berada didalam kanal jadi sangat sulit melacak badannya, karena ular cenderung diam saat berada didalam air," ungkap Amar.

Ia dan keluarga serta warga setempat ikut membantu melakukan evakuasi. "Ular piton yang kami evakuasi panjangnya 8 meter, beratnya diperkirakan 200 kg lebih," terangya.

Evakuasi ular piton berada di kebun sawit, jaraknya sekitar 2 km dari pemukiman masyarakat. Setelah dievakuasi, ular itu dibawa pulang untuk diteliti lebih lanjut.

"Kemungkinan tidak akan dilepasliarkan karena ular akan jadi bahan edukasi dan penelitian jika ada orang eropa yang ingin melihat ular liar yang cukup besar dan masih ada di perkebunan di Provinsi Riau," tutupnya.