Logo Tirainews.com

Bayi Gajah Lahir di Unit Konservasi Estate Ukit, Begini Penampakannya

Bayi Gajah Lahir di Unit Konservasi Estate Ukit, Begini Penampakannya

Tirainews.com - Unit Konservasi Gajah Estate Ukui PT RAPP  Kabupaten Pelalawan, Riau kedatangan anggota baru berupa bayi gajah sumatera (Elephast maximus sumatranus) berjenis kelamin jantan.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Genman S. Hasibuan mengatakan, bayi tersebut lahir pada 06 April 2023 pukul 05.00 WIB dari induk gajah binaan yang diberi nama Carmen.

"Bayi gajahnya sehat, berat badan 90,9 kg dan lahir dalam kondisi normal," terang Genman, Jumat (07/04/2923).

Ia menjelaskan, Induk gajah Carmen berusia 14 tahun yang lahir di lokasi yang sama pada 5 Januari 2009 dari induk betina bernama Meri.

Tim medis dari Balai Besar KSDA Riau dan didampingi pihak Management PT RAPP juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap induk dan bayi gajah.

"Saat ini jumlah gajah sumatera di Unit Konservasi Gajah Estate Ukui bertambah menjadi 7 ekor yang terdiri dari jantan 3 ekor dan betina 4 ekor," ungkapnya.

Penempatan gajah di Unit Konservasi Gajah Estate Ukui PT. RAPP dimulai sejak tahun 1994 di Estate Langgam sebanyak 4 individu gajah 3 betina dan 1 jantan. Namun sejak tahun 2007 dipindahkan ke Estate Ukui dan diberi nama Unit Konservasi Gajah Estate Ukui.

"Apresiasi dan terimakasih kepada pihak PT RAPP yang telah berhasil merawat titipan gajah sumatera dengan baik. Sehingga tujuan pelestarian satwa gajah dapat tercapai dimasa mendatang," ucap Genman.