Logo Tirainews.com

Pengabdian KKN Unri 2023, Memanen bersama Kelompok Wanita Tani Kelurahan Air Tiris

Pengabdian KKN Unri 2023, Memanen bersama Kelompok Wanita Tani Kelurahan Air Tiris

Tirainews.com - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Air Tiris Universitas Riau (Unri) melakukan kegiatan memanen sayuran bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) di RW 002 Air Tiris, Jumat (14/07/2023).

Kelompok Wanita Tani merupakan sebuah kelompok tani yang beranggotakan ibu rumah tangga dan memiliki ketertarikan dalam melaksanakan usaha di bidang pertanian.

Nama kelompok KWT di Air Tiris ialah Pidanau Indah, yang berasal dari nama kampung Ketua KWT di Air Tiris. Kelompok ini dibentuk pada tahun 2021 dan pada awalnya beranggotakan 20 orang.

Tujuan didirikannya adalah untuk membantu ibu rumah tangga dalam menambahkan pendapatan dan juga menghemat pengeluaran untuk membeli sayuran. Sebelum dibentuk, kelurahan ini pernah menerima bantuan berupa hewan ternak ayam beserta kandang dan perlengkapan ternak lainnya oleh pemerintah Kabupaten Kampar.

Bantuan tersebut berhasil dibentuk dan dinikmati oleh warga Kelurahan Air Tiris. Adapun kendala yang dialami oleh anggota pada awal mendirikan KWT Pidanau Indah yaitu kesulitan mencari lahan untuk bertani.

Namun hal ini segera teratasi karena salah satu warga meminjamkan lahan tersebut secara cuma-cuma atau bebas sewa selama 2 tahun. Hasil tani yang dimiliki oleh KWT Pidanau Indah berupa tanaman palawija atau tumpang sari yang memiliki jangka panen yang pendek.

Seperti, bayam, jagung, terong, kangkung, kacang tanah, dan cabai. Tanaman tersebut telah terjamin kesegaran dan baik untuk kesehatan dikarenakan tidak menggunakan bahan kimia atau pestisida dalam proses pertumbuhannya.

Tanaman ini biasanya akan dikonsumsi sendiri atau dijual kembali dengan harga seikat bayamnya Rp 2.500 sampai dengan Rp3.000. Dalam proses bertani, KWT Pidanau Indah memiliki jadwal untuk pergi berkebun yaitu setiap hari selasa dan jumat setelah Salat Asar.

Sayangnya, kurangnya bantuan pupuk yang diberikan membuat warga harus mengumpulkan iuran dana pribadi dalam membeli pupuk. Selain itu, adanya perubahan cuaca yang tidak dapat diprediksi akibat pemanasan global juga menjadi salah satu kendala yang dialami oleh KWT Pidanau Indah.

Lurah Air Tiris Ir H Ahmad Azhari Hamidi mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah dan juga para mahasiswa/i KKN Air Tiris UNRI 2023.**